Dunia Fokus Perang Rusia-Ukraina, Australia Diserukan Invasi Kepulauan Solomon

Jum'at, 25 Maret 2022 - 16:21 WIB
loading...
A A A
Pakar keamanan telah membunyikan alarm minggu ini bahwa Australia tidak berdaya melawan rudal balistik China yang ditembakkan dari pangkalan pulau buatan di Laut China Selatan, sekitar 3.500 kilometer jauhnya.

“Rudal DF-26 mampu mencapai target sekitar 5.000 kilometer jauhnya,” kata Dr Malcolm Davis dari Australian Strategic Policy Institute (ASPI) kepada The Daily Mail.

“Jadi itu pasti bisa mencakup segala sesuatu di Australia utara hingga Pine Gap dekat Alice Springs di mana pangkalan intelijen Amerika-Australia yang dikelola CIA berada.”

Direktur pertahanan, strategi, dan keamanan nasional ASPI Michael Shoebridge mengatakan rancangan perjanjian mungkin semacam klaim ambisius dari Beijing.

“Tetapi tidak menganggapnya sebagai pernyataan niat akan sangat bodoh, karena itu konsisten dengan tujuan dan arah Partai Komunis, jika tidak di Solomon maka di tempat lain di Pasifik Selatan,” katanya kepada news.com.au pada hari Jumat.

“Jadi, analisis dan keterlibatan yang jernih alih-alih histeria adalah cara yang tepat untuk berperilaku di sini.”

Shoebridge mengatakan sementara itu dapat dimengerti bagi negara-negara Pasifik Selatan untuk menyambut persaingan ekonomi dan bahkan politik yang dibawa oleh China, rancangan perjanjian “membawa sesuatu yang sangat berbeda–persaingan militer”, ke wilayah tersebut.

“Dan bukanlah kepentingan penduduk Pasifik Selatan untuk menjadikan Pasifik Selatan sebagai tempat persaingan, ketegangan, dan konflik militer yang sebenarnya,” katanya.

“Bahkan jika beberapa pemimpin tidak ingin bertindak berdasarkan fakta ini, suara-suara lain harus didengarkan dan diperhatikan. Setiap negara anggota Forum Pulau Pasifik memiliki keamanan langsung yang terkait dengan keputusan ini dan saya yakin mereka memahami setidaknya sebaik Canberra. Di Kepulauan Solomon, tidak diragukan lagi di dalam pemerintahan saat ini sendiri, akan ada suara keras yang menentang perjanjian yang dirancang–atau perjanjian apa pun yang melibatkan kehadiran paramiliter atau militer China di Kepulauan Solomon.”

Dia mengatakan tugas Australia adalah untuk berbicara terus terang."Dan menunjukkan bahwa kami adalah bagian dari keluarga Pasifik dan bahwa kami sangat menentang kawasan kami menjadi tempat ketegangan militer yang sebenarnya seperti halnya mitra Pasifik kami lainnya," paparnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1238 seconds (0.1#10.140)