Jong-un Awasi Langsung Uji Coba Rudal Monster yang Bisa Mencapai Daratan AS

Jum'at, 25 Maret 2022 - 07:31 WIB
loading...
A A A


Sementara itu, militer Korea Selatan memperkirakan jarak peluncuran pada Kamis adalah 6.200 km - jauh lebih lama dari ICBM terakhir, Hwasong-15, yang diuji Korea Utara pada Oktober 2017.

Rudal itu mendarat di perairan teritorial Jepang, memicu kemarahan dari Tokyo, tetapi KCNA mengatakan bahwa peluncuran itu dilakukan "dalam mode peluncuran vertikal dengan mempertimbangkan keamanan negara-negara tetangga".

Saat ini Korut berada di bawah sanksi internasional yang mengekang untuk program senjatanya, dan Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa akan mengadakan pertemuan darurat mengenai peluncuran itu pada hari Jumat.



Seoul, Washington dan Sekjen PBB Antonio Guterres semuanya mengecam peluncuran itu sebagai "pelanggaran nyata" terhadap resolusi Dewan Keamanan, sementara Jepang mengatakan itu mengancam "perdamaian dan keamanan" di kawasan itu.

Peluncuran Kamis, salah satu dari hampir selusin uji coba senjata Korea Utara sepanjang tahun ini, menandai kembalinya uji coba jarak jauh yang dramatis oleh negara bersenjata nuklir itu.
(esn)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2304 seconds (0.1#10.140)