Jong-un Awasi Langsung Uji Coba Rudal Monster yang Bisa Mencapai Daratan AS

Jum'at, 25 Maret 2022 - 07:31 WIB
loading...
Jong-un Awasi Langsung Uji Coba Rudal Monster yang Bisa Mencapai Daratan AS
Jong-un Awasi Langsung Uji Coba Rudal Monster yang Bisa Mencapai Daratan AS. FOTO/KCNA
A A A
PYONGYANG - Pemimpin Korea Utara (Korut), Kim Jong-un secara pribadi mengawasi uji coba rudal balistik antarbenua (ICBM) tipe baru negara itu. Uji coba ini dilakukan Korut untuk meningkatkan kemampuan penangkal nuklirnya terhadap "imperialis" Amerika Serikat (AS).

Peluncuran ICBM pada Kamis (24/3/2022) adalah pertama kalinya Pyongyang menembakkan rudal paling kuat dari jarak jauh sejak 2017. Rudal ini dilaporkan telah melakukan perjalanan lebih tinggi dan lebih jauh daripada ICBM sebelumnya yang diuji oleh Korut.



“Peluncuran uji rudal balistik antarbenua tipe baru, Hwasong-17, dilakukan di bawah panduan langsung pemimpin Kim,” sebut laporan kantor berita resmi Korut, KCNA, Jumat (25/3/2022).

Hwasong-17 adalah ICBM raksasa yang pertama kali diluncurkan pada Oktober 2020 dan dijuluki sebagai "rudal monster" oleh para analis. Rudal itu belum pernah berhasil diuji tembak, dan peluncuran itu memicu kemarahan langsung dari tetangga Korut dan AS.

KCNA juga memuat foto-foto Jong-un, yang mengenakan jaket kulit hitam dan kacamata hitam, tengah berjalan melintasi landasan di depan sebuah rudal besar yang dibawa dengan pengangkut 11-poros.



“Rudal itu, diluncurkan di Bandara Internasional Pyongyang, melakukan perjalanan hingga ketinggian maksimum 6.248.5km dan terbang sejauh 1.090km selama 4.052 detik, sebelum secara akurat mengenai area yang telah ditentukan sebelumnya di perairan terbuka di Laut Jepang,” lanjut laporan KCNA.

Menurut KCNA, Jong-un mengatakan bahwa senjata baru itu akan "secara kredit menjalankan misi dan tugasnya sebagai pencegah perang nuklir yang kuat". “Dia mengatakan dengan bangga bahwa kemunculan senjata strategis baru DPRK akan membuat seluruh dunia dengan jelas menyadari kekuatan angkatan bersenjata strategis kita sekali lagi," lapor KCNA.

KCNA juga mengatakan bahwa uji tembak Hwasong-17 yang berhasil, berarti Korut siap untuk konfrontasi jangka panjang dengan AS. “Kim mengatakan, negaranya sekarang memiliki kemampuan militer dan teknis yang tangguh, tidak terganggu oleh ancaman militer dan pemerasan dan akan sepenuhnya siap untuk konfrontasi jangka panjang dengan imperialis AS," KCNA melaporkan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1265 seconds (0.1#10.140)