Tak Hanya Sanksi, AS Juga Buru Emas Rusia

Jum'at, 25 Maret 2022 - 03:12 WIB
loading...
Tak Hanya Sanksi, AS Juga Buru Emas Rusia
Tidak hanya menjatuhkan sanksi, AS juga buru emas Rusia. Foto/Ilustrasi
A A A
WASHINGTON - Departemen Keuangan Amerika Serikat (AS) mengeluarkan panduan yang memperingatkan bahwa transaksi yang melibatkan cadangan emas Rusia dapat dikenakan sanksi. Langkah itu bertujuan untuk menghentikan Rusia menghindari sanksi yang ada.

“Tujuan kami di sini adalah untuk secara metodis menghilangkan manfaat dan hak istimewa yang pernah dinikmati Rusia sebagai peserta dalam tatanan ekonomi internasional,” kata seorang pejabat senior pemerintah AS yang tidak disebutkan namanya seperti dikutip dari Reuters, Jumat (25/3/2022).

AS dan sekutunya telah memberlakukan beberapa putaran sanksi, termasuk menargetkan pemberi pinjaman terbesar dan Presiden Vladimir Putin sejak negara itu menginvasi Ukraina dalam serangan terbesar di Eropa sejak Perang Dunia Kedua.



Dikutip dari Russia Today, Rusia memiliki cadangan emas sekitar USD130 miliar, terbesar kelima di dunia. Negara ini meningkatkan pembelian emas pada tahun 2014, menyusul sanksi awal AS atas krisis Ukraina. Moskow memiliki lebih dari dua kali lipat kepemilikannya sejak saat itu.

Diwartakan sebelumnya, AS telah menjatuhkan sanksi terbaru terhadap Rusia terkait invasinya ke Ukraina.



Di antara target sanksi baru adalah lebih dari 40 perusahaan pertahanan, termasuk Tactical Missiles Corp milik negara dan 28 perusahaan yang terkait, serta direktur umumnya, kata Departemen Keuangan AS dalam sebuah pernyataan.

Perusahaan lain dalam daftar baru termasuk produsen amunisi untuk militer Rusia, helikopter sipil dan militer, dan pesawat tak berawak yang menurut Departemen Keuangan awalnya dirancang untuk pengawasan tetapi telah "digunakan kembali" dan digunakan untuk menyerang pasukan Ukraina.

Departemen Keuangan juga menjatuhkan sanksi pada 328 anggota Duma, parlemen Rusia, dan Herman Gref, kepala pemberi pinjaman terbesar Rusia, Sberbank, yang menurut Departemen Keuangan AS adalah rekan dekat Putin.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1773 seconds (0.1#10.140)