Rusia: Dana Investasi Hunter Biden Terkait Pembiayaan Biolab Berbahaya di Ukraina

Kamis, 24 Maret 2022 - 21:01 WIB
loading...
Rusia: Dana Investasi Hunter Biden Terkait Pembiayaan Biolab Berbahaya di Ukraina
Rusia mengungkap peta lokasi biolab di Ukraina yang dilaporkan didanai Pentagon. Foto/kemhan rusia
A A A
MOSKOW - Dalam beberapa pekan terakhir, Kementerian Pertahanan (Kemhan) Rusia telah mengupas lapisan-lapisan informasi tentang 30 biolab Ukraina yang didanai Pentagon.

Biolab itu diduga terlibat dalam penelitian berbahaya dan ilegal terhadap patogen mematikan.

Pejabat dan media Amerika Serikat (AS) pada awalnya membantah laboratorium semacam itu ada, tetapi seorang pejabat senior administrasi kemudian mengkonfirmasi keberadaan biolab itu.



“Satu perusahaan investasi yang terhubung dengan putra Presiden AS Joe Biden, Hunter Biden, telah terlibat dalam pembiayaan program biologi militer Pentagon di Ukraina,” ungkap Kepala Pasukan Pertahanan Radiasi, Kimia dan Biologi Rusia (RCBD) Igor Kirillov telah mengumumkan pada Kamis (24/3/2022), mengutip berbagai dokumen yang ada, dilansir Sputnik.



“Materi yang masuk memungkinkan kami melacak skema interaksi antara badan pemerintah AS dan biolab Ukraina. Keterlibatan dalam pembiayaan kegiatan ini oleh struktur yang dekat dengan kepemimpinan AS saat ini, khususnya dana investasi Rosemont Seneca yang dikelola Hunter Biden, menarik perhatian pada dirinya sendiri," papar Kepala Pasukan RCBD Igor Kirillov dalam pengarahan Kamis.



Menurut informasi Kementerian Pertahanan Rusia, dana tersebut memiliki setidaknya USD2,4 miliar dalam modal investasi.

"Pada saat yang sama, hubungan erat telah terjalin antara dana dan kontraktor utama militer AS, termasuk Metabiota, yang bersama Black and Veach, merupakan salah satu pemasok utama peralatan untuk biolaboratorium Pentagon di seluruh dunia," ungkap Kirillov.

Menurut dia, Laboratorium Nasional Los Alamos, tempat kelahiran bom atom AS, telah menjadi salah satu kurator utama program biologi militer AS di Ukraina.

"Skala program ini sangat mengesankan. Bersama dengan Pentagon, Badan Pembangunan Internasional AS (USAID), Yayasan Masyarakat Terbuka Soros, dan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit terlibat langsung dalam pelaksanaannya," papar dia.

“Pengawasan ilmiah dilakukan oleh organisasi penelitian terkemuka, termasuk Laboratorium Nasional Los Alamos, yang mengembangkan senjata nuklir untuk Proyek Manhattan. Semua kegiatan ini telah dilakukan di bawah kendali langsung Pentagon,” ujar dia.

Kirillov menyertai presentasinya dengan kartu registrasi yang merinci pekerjaan 30 laboratorium yang berbasis di Ukraina, di 14 permukiman yang terlibat dalam kegiatan biologi militer.

“Dokumen ini ditandatangani Wakil Sekretaris Negara Kabinet Menteri Ukraina Viktor Polishchuk. Dasar hukum penandatanganannya adalah kesepakatan kerja sama untuk mencegah penyebaran teknologi, patogen, dan informasi yang dapat digunakan untuk mengembangkan senjata biologis. Kartu registrasi mengidentifikasi pelanggan: Badan Pengurangan Ancaman Pertahanan, dan juga termasuk daftar situs fasilitas bio," papar Kirillov.

Kirillov mengingatkan bahwa informasi yang diungkapkan sebelumnya menunjukkan sekitar USD32 juta telah dihabiskan untuk berbagai program biologis yang didukung AS di Ukraina antara 2018 dan 2020.

(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1203 seconds (0.1#10.140)