Turki Desak Barat Memasok F-35 dan Sistem Patriot Tanpa Prasyarat

Kamis, 24 Maret 2022 - 15:09 WIB
loading...
Turki Desak Barat Memasok F-35 dan Sistem Patriot Tanpa Prasyarat
Jet tempur F-35 buatan AS bermanuver di udara. Foto/REUTERS
A A A
ANKARA - Amerika Serikat (AS) telah memberlakukan sanksi ekonomi pada sektor pertahanan Turki dan menolak mengirimkan pesawat tempur F-35 yang telah dibayar. Alasannya, Turki membeli sistem pertahanan rudal S-400 buatan Rusia.

Kini pemerintah Turki bersikeras. “Barat harus memasok Turki dengan pesawat tempur F-35 dan sistem rudal Patriot tanpa prasyarat,” tegas pernyataan pemerintahan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

Ini terjadi di tengah upaya berkelanjutan oleh AS untuk menekan Turki agar menjatuhkan sanksi terhadap Rusia atas operasi militer khusus di Ukraina.



Namun, Menteri Luar Negeri (Menlu) Turki Mevlut Cavusoglu telah berulang kali mengatakan Ankara tidak berniat untuk bergabung dengan sanksi internasional terhadap Rusia.



Turki menegaskan hanya siap bertindak sebagai mediator dalam negosiasi antara Moskow dan Kiev.



Awal bulan ini, Reuters melaporkan, mengutip sumbernya, bahwa AS telah secara informal mendiskusikan dengan Turki kemungkinan mengirim sistem pertahanan S-400 Rusia ke Ukraina untuk membantu melawan militer Rusia.

Hubungan antara Turki dan AS menjadi tegang beberapa tahun lalu, setelah Ankara menandatangani kontrak dengan Moskow pada 2017 untuk pasokan sistem pertahanan udara S-400 buatan Rusia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1183 seconds (0.1#10.140)