Jet Tempur China J-10 dan Dua Jet Militer AS Terbang Dekat Taiwan

Rabu, 17 Juni 2020 - 14:01 WIB
loading...
Jet Tempur China J-10 dan Dua Jet Militer AS Terbang Dekat Taiwan
Jet tempur J-10 buatan China sedang bermanuver. Foto/nationalinterest.org
A A A
TAIPEI - Satu jet tempur China, J-10, masuk Zona Identifikasi Pertahanan Udara (ADIZ) Taiwan pada Selasa (16/6) pagi, dan dua jet pengisi bahan bakar KC-135 milik Angkatan Udara Amerika Serikat mendekati Taiwan dari utara dan timur.

Meski sedang terjadi pandemi Covid-19, pesawat tempur China terus melanggar wilayah udara Taiwan selama beberapa bulan terakhir.

Setiap kali terjadi pelanggaran wilayah udara, Kementerian Pertahanan Nasional Taiwan selalu mengusir pesawat-pesawat itu.

"Pesawat J-10 milik Angkatan Udara Tentara Pembebasan Rakyat China melintasi ADIZ Taiwan di pantai baratdaya pada pukul 11.50 pagi Selasa (16/6) dan diperingatkan dua kali oleh Taiwan untuk pergi," papar laporan Liberty Times.

Kabar tentang dua pesawat AS itu dirilis oleh Inisiatif Penyelidik Laut China Selatan, platform yang dekat dengan Universitas Beijing. (Lihat Video: Evakuasi Seorang Remaja di Bombana yang Dililit Ular Berjalan Dramatis)

Salah satu pesawat KC-135 itu terbang di atas Laut China Timur untuk mendekati utara Taiwan, dan pesawat lainnya terbang di atas Bashi Channel yang memisahkan Taiwan dari Filipina.

Ketegangan antara Taiwan dan China masih terjadi dalam beberapa bulan terakhir. China menganggap Taiwan sebagai bagian dari wilayahnya yang menunggu proses penyatuan kembali. (Lihat Video: Pemuda di Jombang Membuat Miniatur Sepeda dari Sampah)
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1568 seconds (0.1#10.140)