Rusia Siap Gunakan Senjata Nuklir, Ini Reaksi Bos NATO

Kamis, 24 Maret 2022 - 07:01 WIB
loading...
Rusia Siap Gunakan Senjata Nuklir, Ini Reaksi Bos NATO
Rusia menyatakan siap gunakan senjata nuklir jika keberadaannya terancam. NATO merespons bahwa Moskow tak akan pernah memenangkan perang nuklir. Foto/REUTERS
A A A
BRUSSELS - Rusia , di tengah invasinya ke Ukraina , telah menyatakan siap untuk menggunakan senjata nuklir jika keberadaannya terancam. Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg langsung bereaksi atas retorika berbahaya Moskow tersebut.

"Rusia harus memahami bahwa itu tidak akan pernah memenangkan perang nuklir," kata Stoltenberg kepada koresponden Sky News Mark Stone, Kamis (24/3/2022).

Baca juga: Jika Terancam, Rusia Akan Gunakan Senjata Nuklir

Bos NATO juga mengatakan Moskow harus menghentikan retorika nuklirnya yang berbahaya dan tidak bertanggung jawab.

Beberapa hari setelah invasi Rusia ke Ukraina dimulai, Presiden Vladimir Putin memerintahkan para komandan militernya untuk menempatkan pasukan pencegah nuklirnya dalam siaga tinggi.

Baca juga: Perang Rusia-Ukraina Masuk Babak Baru, Fase Paling Berbahaya

Sebelumnya, juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan senjata nuklir siap digunakan Rusia jika keberadaannya terancam. Menurutnya, itu merupakan kebijakan keamanan Moskow.

"Jika itu adalah ancaman eksistensial bagi negara kami, maka itu (senjata nuklir) dapat digunakan sesuai dengan konsep kami," katanya.

Di sisi lain, dia berbicara kepada kantor berita TASS soal perkembangan perang di Ukraina. Menurutnya, tidak seorang pun pernah mengira operasi di Ukraina akan memakan waktu hanya beberapa hari. Faktanya, perang sudah berjalan genap sebulan pada Kamis (24/3/2022).
(min)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3709 seconds (10.101#12.26)