PBB: Hampir 3,5 Juta Orang Melarikan Diri dari Ukraina

Selasa, 22 Maret 2022 - 03:00 WIB
loading...
PBB: Hampir 3,5 Juta Orang Melarikan Diri dari Ukraina
PBB: Hampir 3,5 Juta Orang Melarikan Diri dari Ukraina. FOTO/Reuters
A A A
JENEWA - Hampir 3,5 juta orang Ukraina telah meninggalkan negara itu setelah invasi Rusia , kata PBB Senin (21/3/2022). PBB juga memuji negara-negara tetangga karena menunjukkan belas kasih yang luar biasa terhadap "kesengsaraan ekstrem" warga Ukraina.

Lebih dari 10 juta orang - lebih dari seperempat populasi di daerah-daerah di bawah kendali pemerintah - sekarang diperkirakan telah meninggalkan rumah mereka, termasuk jutaan pengungsi internal.



UNHCR, badan pengungsi PBB, mengatakan 3.489.644 warga Ukraina telah meninggalkan negara itu sejak Rusia menginvasi pada 24 Februari - angka tersebut naik 100.600 pada pembaruan hari Minggu.

"Selama empat minggu terakhir, dunia menyaksikan dengan tak percaya. Tak terhitung nyawa telah hilang sementara jutaan lainnya benar-benar hancur," kata kepala UNHCR Filippo Grandi, seperti dikutip dari AFP.

"Seolah-olah untuk melawan keputusasaan, kami juga telah menyaksikan tindakan sambutan dan kasih sayang yang luar biasa ketika negara-negara tetangga, khususnya responden lokal, telah membuka hati dan rumah mereka untuk Ukraina,” lanjutnya.



"Jutaan orang di seluruh dunia benar-benar tergerak oleh penderitaan ekstrem rakyat Ukraina," katanya, mengutip "rasa sakit dan kesedihan, kehilangan dan penderitaan" dan "kelegaan dalam menemukan keselamatan dan kegentaran akan masa depan yang tidak pasti".

Perempuan dan anak-anak menyumbang sekitar 90 persen dari mereka yang melarikan diri. Pria Ukraina berusia 18 hingga 60 tahun memenuhi syarat untuk panggilan militer dan tidak dapat pergi.

Sementara itu, UNICEF, badan anak-anak PBB, mengatakan lebih dari 1,5 juta anak-anak termasuk di antara mereka yang melarikan diri ke luar negeri. Organisasi Internasional PBB untuk Migrasi (IOM) mengatakan, 186.000 orang dari negara ketiga telah meninggalkan Ukraina ke negara-negara tetangga.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1882 seconds (0.1#10.140)