Hizbullah Sangkal Kirim Tentara Bayaran untuk Perang Pro-Rusia di Ukraina

Sabtu, 19 Maret 2022 - 14:55 WIB
loading...
Hizbullah Sangkal Kirim Tentara Bayaran untuk Perang Pro-Rusia di Ukraina
Hizbullah Lebanon membantah mengirim anggotanya sebagai tentara bayaran untuk perang pro-Rusia di Ukraina. Foto/REUTERS
A A A
BEIRUT - Hizbullah Lebanon membantah mengirim milisinya sebagai tentara bayaran untuk perang mendukung Rusia di Ukraina .

Pernyataan itu muncul setelah Kiev—atau Kyiv—menuduh kelompok yang didukung Iran dan Suriah itu mengirim tentara bayaran untuk mendukung invasi Moskow.

“Tidak seorang pun dari Hizbullah, tidak ada petempur atau ahli militer, pergi ke arena itu atau salah satu arena perang tersebut,” kata Sekretaris Jenderal Hizbullah Hassan Nasrallah, dalam sambutan yang disiarkan televisi, seperti dikutip dari Al Arabiya, Sabtu (19/3/2022).



Staf Umum Angkatan Bersenjata Ukraina merilis sebuah pernyataan pada hari Jumat yang mengatakan bahwa sekitar 1.000 tentara bayaran Suriah dan milisi Hizbullah direkrut untuk berperang di Ukraina.

Dalam beberapa hari terakhir, Presiden Rusia Vladimir Putin mengumumkan sebuah inisiatif untuk mengizinkan “sukarelawan” dari Timur Tengah untuk bergabung dengan pasukan Rusia yang menginvasi Ukraina.

Hizbullah memiliki petempur dan ahli yang berjuang bersama rezim Presiden Bashar al-Assad di Suriah dan lainnya di Yaman untuk mendukung pemberontak Houthi.

Hizbullah juga memiliki ikatan yang kuat dan diyakini memiliki ahli dan penasihat yang membantu proksi dan milisi Iran di Irak.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0832 seconds (0.1#10.140)