Putin Tuduh Pasukan Ukraina Melakukan Kejahatan Perang

Sabtu, 19 Maret 2022 - 07:27 WIB
loading...
Putin Tuduh Pasukan Ukraina Melakukan Kejahatan Perang
Putin Tuduh Pasukan Ukraina Melakukan Kejahatan Perang. FOTO/TASS
A A A
MOSKOW - Presiden Rusia Vladimir Putin pada Jumat (18/3/2022) menuduh Kiev melakukan " kejahatan perang ". Hal itu diungkapkan Putin dalam panggilan telepon dengan mitranya dari Prancis, Emmanuel Macron .

Dalam percakapan itu, Putin juga mengatakan bahwa Moskow melakukan "segala yang mungkin" untuk menghindari kematian warga sipil di Ukraina.



"Perhatian tertuju pada banyak kejahatan perang yang dilakukan setiap hari oleh pasukan keamanan Ukraina," kata Kremlin tentang percakapan telepon antara Putin dan Emmanuel Macron, seperti dikutip dari AFP.

"Terutama serangan roket dan artileri besar-besaran di kota-kota Donbas," tambah Kremlin, mengacu pada wilayah timur yang berbahasa Rusia di Ukraina, yang sebagian dikuasai oleh separatis pro-Moskow.

“Putin mengatakan kepada Macron bahwa tentara Rusia melakukan segala yang mungkin untuk melindungi kehidupan warga sipil yang damai, termasuk dengan mengatur koridor kemanusiaan untuk evakuasi mereka yang aman", kata Kremlin.



Menurut Kremlin, kedua pemimpin juga membahas negosiasi yang sedang berlangsung antara Moskow dan Kiev untuk mengakhiri konflik di Ukraina dalam panggilan telepon, yang merupakan "inisiatif Prancis".

Macron telah memainkan peran utama dalam mencoba meredakan krisis melalui dorongan diplomatik yang membuatnya berbicara dengan Putin secara langsung atau melalui telepon sekitar belasan kali sejak konflik dimulai.

Selama panggilan terakhir, yang berlangsung satu jam 10 menit, Macron menyatakan "keprihatinannya yang ekstrem" atas nasib Mariupol, kota pesisir selatan yang telah dilanda pemboman hebat dalam beberapa hari terakhir.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2101 seconds (0.1#10.140)