Cumi-cumi ternyata bisa terbang

Sabtu, 09 Februari 2013 - 20:41 WIB
Cumi-cumi ternyata bisa terbang
Cumi-cumi ternyata bisa terbang
A A A
Sindonews.com - Selama ini kita menganggap cumi-cumi hanya bisa berenang. Anggapan itu salah. Cumi-cumi ternyata bisa terbang mengudara layaknya burung dengan ketinggian mencapai lebih dari 30 meter.

Bahkan, kecepatannya setara dengan pelari maraton. Fakta tersebut terungkap dari adanya sejumlah foto yang diambil oleh Kouta Muramatsu dari Universitas Hokkaido, Jepang, pada 25 Juli 2011 lalu.Foto- foto itu menunjukkan sekelompok cumi-cumi terbang di wilayah barat laut Samudera Pasifik,sekitar 600 km sebelah timur Tokyo.Kemarin foto-foto tersebut mulai dipublikasikan.

”Cumi-cumi laut ini bisa terbang dengan menyemprotkan air bertekanan tinggi sehingga dirinya bisakeluardarilaut.Setelah itu ia membuka siripnya dan siap meluncur ke udara hingga kecepatan 11,2 meter per detik,” ujar Jun Yamamoto dari Universitas Hokkaido,dikutip AFP. Para peneliti Jepang mengatakan bahwa binatang laut dari jenis moluska ini mampu terbang hingga 30 meter,setara dengan kecepatan pelari maraton.

Usain Bolt, pelari maraton yang memenangkan medali emas pada Olimpiade di London tahun lalu dengan kecepatan rata-rata 10,31 meter per detik. ”Sebelumnya selalu ada saksi dan rumor yang mengatakan bahwa cumi-cumi terlihat terbang, dan kami telah membuktikan bahwa hal itu memang benar,” ujar Yamamoto.

Sekitar Juli 2011 lalu,Yamamoto, bersama tim penelitinya melakukan penelitian dengan melacak kawanan cumi-cumi yang jumlahnya diperkirakan sekitar 100 ekor di Samudra Pasifik sebelah barat laut, sekitar 600 kilometer dari timur laut Tokyo.

Makhluk sepanjang 20 sentimeteritumulaiterbangketikaperahudariparapenelitimendekat. Mereka meluncur ke udara dengan menembakkan air yang keluar dari corong belakang bagian tubuh mereka seperti batang. ”Setelah cumi-cumi itu selesai menembakkan air keluar, mereka meluncur dengan melebarkan sirip dan lengannya,” jelas tim peneliti Yamamoto dalam sebuah laporan.

Yamamoto dan timnya pun berhasil mengambil gambar cumi-cumi laut yang tengah terbang. Gambar itu menunjukkan lebih dari 20 cumi-cumi terbang mengudara, dan menjatuhkan tetesan air yang terlihat jelas. ”Temuan ini telah membuktikan bahwa kita tidak lagi harus menganggap cumi-cumi sebagai binatang yang hanya hidup di air,” ungkap Yamamoto.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3412 seconds (0.1#10.140)