Ancam Aksi Balasan, Spanyol Akan Karantina Pengunjung dari Inggris

Selasa, 16 Juni 2020 - 18:01 WIB
loading...
Ancam Aksi Balasan, Spanyol Akan Karantina Pengunjung dari Inggris
Menlu Spanyol Arancha Gonzalez Laya. Foto/REUTERS
A A A
MADRID - Spanyol mempertimbangkan penerapan karantina pada para pengunjung dari Inggris saat membuka lagi perbatasan pekan depan. Langkah ini sebagai respon atas kebijakan serupa yang diterapkan pada para pelancong yang datang ke Inggris.

Menteri Luar Negeri (Menlu) Spanyol Arancha Gonzalez Laya berharap Inggris akan mencabut pembatasan itu, sehingga Spanyol tak perlu mengambil langkah balasan.

"Kami akan dialog dengan Inggris untuk melihat apakah kita perlu atau tidak menerapkan aksi balasan karena mereka memiliki langkah berbeda dibandingkan negara Uni Eropa lainnya," tutur dia.

Inggris memiliki lebih dari 41.000 korban meninggal dunia akibat virus corona. Spanyol memiliki lebih dari 27.000 korban meninggal dunia akibat pandemi itu.

Kedua negara, bersama negara Eropa lainnya sedang dalam proses melonggarkan lockdown.

Para pejabat Spanyol tidak menyebut tentang karantina pada akhir pekan lalu, saat pemerintah memajukan tanggal untuk mengizinkan para pengunjung Eropa kembali datang ke Spanyol, menjadi 21 Juni dari 1 Juli. (Lihat Video: Evakuasi Seorang Remaja di Bombana yang Dililit Ular Berjalan Dramatis)

Dalam beberapa pekan terakhir, Spanyol membuat bingung negara-negara tetangga dengan berulang kali mengubah tanggal dan syarat untuk pencabutan larangan pada pengunjung asing yang telah diterapkan sejak Maret untuk merespon pandemi.

Pariwisata menyumbang 12% untuk ekonomi Spanyol dan lebih dari satu dari delapan lapangan kerja, sehingga sektor itu penting bagi negara itu. (Lihat Video: Pemuda di Jombang Membuat Miniatur Sepeda dari Sampah)
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1901 seconds (0.1#10.140)