Misteri Penjara Gulag Era Uni Soviet yang Mengerikan

Rabu, 16 Maret 2022 - 09:12 WIB
loading...
Misteri Penjara Gulag Era Uni Soviet yang Mengerikan
Penjaga gulag di era Uni Soviet terkenal mengerikan. Foto/gulaghistory.org
A A A
MOSKOW - Gulag adalah kamp penjara untuk masyarakat umum di era Uni Soviet. Nama Gulag merupakan akronim dari Glavnoye Upravleniye Ispavitelno-Trudovykh Lagerey atau Kepala Administrasi Kamp Kerja Pemasyarakatan.

Penjara Gulag dibuat di era pemerintahan Joseph Stalin. Jutaan orang telah dimasukkan ke dalamnya karena dianggap sebagai musuh negara, musuh Stalin, serta yang menunjukkan kecenderungan individualistis.

Awalnya, penjara ini menampung 765 orang. Di kemudian hari, jumlah tahanan mengalami penambahan dan menjadi masalah besar di Gulag.



Pada 1888, salah satu kamar tahanan diisi dengan 35 tahanan. Pada 1953, jumlah tahanan di penjara Gulag diperkirakan mencapai 2.625.000 orang.



Kematian di penjara Gulag ini menjadi hal yang biasa. Selain karena jumlah tahanan yang banyak, faktor cuaca yang sangat dingin serta fasilitas yang buruk menjadi penyebab umum kematian para tahanan.



Di dalam Gulag juga terdapat kamp khusus yang didirikan untuk pengembangan senjata atom.

Gulag merupakan penjara besar yang diisi oleh tahanan pria dan wanita. Kondisi ini membuat tahanan wanita memiliki risiko tinggi pemerkosaan dari para tahanan lain, termasuk sipir.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1098 seconds (0.1#10.140)