AS Dilaporkan Berburu S-300 Uni Soviet untuk Dikirim ke Ukraina

Selasa, 15 Maret 2022 - 21:52 WIB
loading...
AS Dilaporkan Berburu S-300 Uni Soviet untuk Dikirim ke Ukraina
AS dilaporkan berburu S-300 Soviet untuk dikirim ke Ukraina. Foto/missilesthreat.csis.org
A A A
WASHINGTON - Departemen Luar Negeri Amerika Serikat (AS) tengah bekerja untuk mengidentifikasi negara mana yang memiliki akses ke sistem pertahanan udara S-300 buatan Uni Soviet dan melakukan brainstorming bagaimana mereka dapat dikirim ke Ukraina .

Demikian laporan kantor berita AS, CNN, mengutip seorang sumber yang mengetahui masalah tersebut yang dikutip Sputnik, Selasa (15/3/2022).

Sumber itu lebih lanjut menunjukkan bahwa Washington tidak yakin pada saat di mana mereka akan mendapatkan rudal yang digunakan oleh S-300. Sistem pertahanan rudal ini yang terakhir hanya diproduksi oleh perusahaan pertahanan Rusia .



Pemerintahan Biden telah menghadapi permintaan dari Kongres untuk mengirimkan berbagai peralatan militer berat buatan Uni Soviet ke Ukraina, termasuk sistem S-300 yang disebutkan di atas, serta jet tempur MiG-29.

"Gedung Putih harus bekerja dengan sekutu dan mitra, tidak hanya di Eropa tetapi berpotensi di seluruh dunia, yang berada dalam posisi untuk mengirimkan lebih banyak amunisi untuk hal-hal seperti S-300 atau sistem pertahanan udara canggih lainnya yang dapat kami kerjakan untuk mengisi kembali kemampuan (Ukraina) sendiri," kata seorang pembantu Senat Republik yang tidak disebutkan namanya mengatakan kepada CNN.

Pentagon sendiri telah menutup proposal Polandia untuk mengirim 28 jet tempur MiG-29 ke Ukraina melalui AS, dengan mengatakan gagasan itu tidak "dapat dipertahankan" karena risiko memprovokasi konflik terbuka dengan Rusia.



Polandia mengusulkan pengiriman MiG buatan Uni Soviet yang berusia 30 tahun ke Ukraina dengan imbalan jet tempur F-16 yang lebih baru dari Washington.

Para pejabat AS awalnya menyatakan dukungannya atas gagasan itu, tetapi keinginan mereka mendingin setelah Warsawa mengindikasikan bahwa mereka ingin melihat keterlibatan langsung AS dengan jet tempur MiG-29 itu seharusnya dikirim ke Kiev melalui Pangkalan Udara Ramstein yang dioperasikan AS di Jerman, bukannya dikirim tepat di seberang perbatasan Polandia-Ukraina.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1265 seconds (0.1#10.140)