Penasihat Zelensky: Perjanjian Damai dengan Rusia Dapat Dicapai pada Mei

Selasa, 15 Maret 2022 - 09:35 WIB
loading...
Penasihat Zelensky: Perjanjian Damai dengan Rusia Dapat Dicapai pada Mei
Tentara Ukraina mengisi amunisi di pusat Zhytomyr, Ukraina, seiring serbuan tentara Rusia pada 28 Februari 2022. Foto/REUTERS
A A A
KIEV - Penasihat Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, Oleksiy Arestovych, percaya perjanjian damai dengan Rusia dapat dicapai paling cepat dalam satu hingga dua pekan, dan paling lambat pada Mei.

Sebelumnya, Presiden Zelensky mengajukan kepada parlemen satu undang-undang untuk memperpanjang rezim darurat militer di Ukraina selama 30 hari lagi.

Darurat militer diterapkan pada 24 Februari 2022 saat dimulainya operasi militer khusus Rusia untuk demiliterisasi dan "denazifikasi" Ukraina.



Dalam wawancara dengan wartawan Rusia Mark Feygin pada Senin (14/3/2022), Arestovych menyatakan, “Ukraina dapat mencapai kesepakatan damai dengan Rusia paling lambat Mei, awal Mei ... dan mungkin jauh lebih cepat."



“Jika kesepakatan gagal, maka pada akhir Mei, setelah putaran (negosiasi) lainnya, permusuhan akan berlanjut,” ujar dia, dilansir Sputnik pada Selasa (15/3/2022).



Meskipun ada kemungkinan kesepakatan damai, Arestovych menyebut pertempuran lokal dapat berlangsung di seluruh negeri selama satu tahun.

Putaran keempat negosiasi antara Moskow dan Kiev diadakan pada Senin melalui konferensi video.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1700 seconds (0.1#10.140)