Sekjen PBB Serukan Solusi Politik untuk Akhiri 11 Tahun Perang di Suriah

Sabtu, 12 Maret 2022 - 17:05 WIB
loading...
Sekjen PBB Serukan Solusi Politik untuk Akhiri 11 Tahun Perang di Suriah
Sekjen PBB Serukan Solusi Politik untuk Akhiri 11 Tahun Perang di Suriah. FOTO/Reuters
A A A
JENEWA - Sekretaris Jenderal PBB , Antonio Guterres, pada Jumat (11/3/2022), menyerukan solusi politik untuk perang saudara di Suriah yang dimulai 11 tahun lalu dan telah menghancurkan negara serta rakyatnya.

Anadolu News Agency melaporkan, perang saudara dimulai ketika rezim Bashar Al-Assad menindak pengunjuk rasa pro-demokrasi. Ratusan ribu orang telah tewas dan jutaan lainnya mengungsi sejak saat itu, menurut perkiraan PBB.



"Kami tidak bisa mengecewakan rakyat Suriah. Konflik harus dihentikan. Hukum humaniter internasional harus dihormati," kata Guterres dalam sebuah pernyataan.

"Saya meminta semua pihak untuk terlibat secara bermakna dalam proses politik yang difasilitasi PBB dan meminta dukungan lebih lanjut untuk meningkatkan respons kemanusiaan. Kita harus memilih perdamaian," lanjutnya.

Guterres mengatakan, konflik brutal 11 tahun terakhir telah menelan korban jiwa yang tidak masuk akal, dan "jutaan pengungsi internal dan pengungsi berjuang untuk bertahan hidup dalam keadaan yang paling sulit."



Namun, menurutnya, "kita tidak boleh kehilangan harapan," bergerak melampaui "komitmen retoris" untuk perdamaian dan melakukan semua yang diperlukan untuk mencapai solusi politik yang dinegosiasikan sejalan dengan resolusi Dewan Keamanan 2254 (2015).

"Ini adalah jalan menuju solusi yang memenuhi aspirasi semua warga Suriah," katanya. Ia juga menyerukan untuk memastikan akses kemanusiaan yang lebih besar untuk memenuhi kebutuhan orang-orang di seluruh negeri.

"Pengiriman lintas jalur dan lintas batas sangat penting untuk menjangkau jutaan orang yang membutuhkan," katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1208 seconds (0.1#10.140)