McDonald's dan Starbucks Tutup Sementara Semua Gerai di Rusia

Rabu, 09 Maret 2022 - 07:36 WIB
loading...
A A A


Starbucks memiliki 130 toko di Rusia yang sepenuhnya dimiliki dan dioperasikan oleh mitra berlisensi. CEO Starbucks Kevin Johnson menulis bahwa mitra berlisensinya "telah setuju untuk segera menghentikan sementara operasi toko dan akan memberikan dukungan kepada hampir 2.000 mitra di Rusia yang bergantung pada Starbucks untuk mata pencaharian mereka."

Merek global utama, termasuk McDonald's dan PepsiCo, telah ditekan untuk menarik diri dari Rusia oleh konsumen dan investor termasuk dana pensiun negara bagian New York.



“Jika mereka memutuskan untuk melakukan sesuatu, maka mungkin yang lain akan mengikuti," kata konsultan waralaba internasional William Edwards tentang percakapan perusahaan tentang apakah akan mengikuti McDonald's dengan menutup lokasi di Rusia atas dasar moral.

Sementara Paul Musgrave, seorang profesor ilmu politik Universitas Massachusetts, mengatakan penutupan McDonald's menunjukkan bagaimana pengenaan sanksi Barat yang cepat dan luas terhadap Rusia akan memiliki dampak ekonomi yang langgeng.
(esn)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1826 seconds (0.1#10.140)