Mariupol Coba Lagi Evakuasi Warga Sipil yang Tertunda

Minggu, 06 Maret 2022 - 19:14 WIB
loading...
Mariupol Coba Lagi Evakuasi Warga Sipil yang Tertunda
Mariupol Coba Lagi Evakuasi Warga Sipil yang Tertunda. FOTO/Reuters
A A A
MARIUPOL - Kota pelabuhan Mariupol di Ukraina , yang dikepung oleh pasukan Rusia , akan memulai kembali upaya untuk mengevakuasi warga sipil pada Minggu (6/3/2022), setelah upaya sebelumnya digagalkan oleh pelanggaran gencatan senjata.

"Dari pukul 12.00 (10.00 GMT) evakuasi penduduk sipil dimulai," pejabat kota mengumumkan dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip dari Moscow Times. Pernyataan itu juga mengungkapkan, gencatan senjata disetujui dengan pasukan pimpinan Rusia di sekitar kota.



Upaya sebelumnya pada hari Sabtu (5/3/2022) untuk mengizinkan warga sipil pergi dengan bus dan mobil pribadi di sepanjang jalan barat laut menuju Zaporizhzhia gagal, ketika kedua belah pihak saling menuduh pihak lain melakukan penembakan.

Menurut lembaga bantuan Doctors Without Borders (MSF), situasi kemanusiaan di Mariupol, target utama pasukan invasi Rusia, adalah "bencana" tanpa listrik atau air di rumah-rumah sipil.

"Sangat penting bahwa koridor kemanusiaan ini ditempatkan dengan sangat cepat," koordinator darurat MSF di Ukraina, Laurent Ligozat, mengatakan kepada AFP, seperti dikutip dari Moscow Times.



Pihak berwenang Ukraina menuduh Rusia menembaki, bahkan ketika warga sipil berkumpul untuk membentuk konvoi pelarian. Tetapi, Kementerian Pertahanan Moskow menuduh para pembela kota itu mengeksploitasi "perisai manusia."

Secara terpisah, pada hari Minggu, kepala pemerintahan daerah Luhansk yang dikuasai Kiev, mengatakan sebuah kereta akan diorganisir untuk mengevakuasi wanita, anak-anak dan orang tua dari Lysychansk.

Lysychansk berada di dekat garis depan antara pasukan Ukraina dan separatis yang didukung Moskow, yang berjuang untuk bergabung dengan pasukan Rusia dan menguasai seluruh tenggara.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1254 seconds (0.1#10.140)