Jet Tempur dan Helikopter Rumania Jatuh di Dekat Ukraina, 5 Tewas

Kamis, 03 Maret 2022 - 07:59 WIB
loading...
Jet Tempur dan Helikopter Rumania Jatuh di Dekat Ukraina, 5 Tewas
Jet tempur MiG-21 LanceR dan helikopter IAR 330 Puma Rumania jatuh di dekat Ukraina. Insiden ini terjadi saat perang Rusia dan Ukraina sedang berkecamuk. Foto/Romania Insider/Andrei Chirileasa
A A A
DOBRUJA - Sebuah jet tempur MiG-21 LanceR dan helikopter IAR 330 Puma Rumania jatuh di wilayah tenggara Dobruja, dekat Ukraina, Rabu malam. Insiden tragis ini terjadi ketika perang antara Rusia dan Ukraina sedang berkecamuk.

Data sementara, 5 orang yang berada di helikopter tersebut tewas.

Awalnya, jet tempur MiG-21 menghilang dari radar. Kemudian, helikopter IAR 330 Puma dikirim untuk mencarinya, namun jatuh dan meledak hebat.

MiG-21 LanceR merupakan versi upgrade Israel dari jet tempur buatan Soviet tahun 1960-an yang ikonik. Sebelum dinyatakan jatuh, pesawat tempur ini menghilang dari radar sekitar 15 menit setelah lepas landas.



Jet tempur itu sedianya akan menjalankan misi patroli di wilayah pesisir yang berbatasan dengan Ukraina.

Militer Rumania mengatakan, helikopter yang dikirim untuk mencari jet tempur MiG-21 justru ikut menghilang sekitar 20 menit setelah melesat.

Sebelum komunikasi terputus, pilotnya melaporkan kondisi cuaca yang sangat buruk di daerah tersebut.

Helikopter itu dipastikan jatuh sekitar dua jam kemudian, di mana Menteri Pertahanan Vasile Dincu menyampaikan belasungkawa kepada para keluarga korban.

“Hari ini adalah hari yang menyedihkan bagi keluarga tentara Rumania. Lima awak helikopter IAR 330 Puma, dalam misi pencarian dan penyelamatan pesawat MiG-21 LanceR, ditemukan tewas di kawasan Gura Dobruja, sekitar 11 km dari bandar udara,” kata Kementerian Pertahanan Rumania, seperti dikutip Russia Today, Kamis (3/3/2022).

Laporan media lokal menyebutkan jumlah korban tewas lebih tinggi, yakni tujuh orang, dalam kecelakaan helikopter.

Rekaman yang ditayangkan oleh media lokal menunjukkan kulit helikopter dilalap api setelah meledak hebat.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1821 seconds (0.1#10.140)