Mengapa Vladimir Putin Lama Menjabat Sebagai Presiden Rusia?

Kamis, 03 Maret 2022 - 06:15 WIB
loading...
Mengapa Vladimir Putin Lama Menjabat Sebagai Presiden Rusia?
Presiden Rusia Vladimir Putin. Foto/REUTERS
A A A
MOSKOW - Vladimir Putin telah menjabat sebagai Presiden Rusia selama lebih dari 20 tahun. Putin telah menandatangi amandemen konstitusi baru yang membuatnya bisa membuatnya menjabat sampai 2036.

Amandemen tersebut juga mencakup keutamaan hukum Rusia tentang norma-norma internasional dengan larangan pernikahan sesama jenis dan”kepercayaan pada Tuhan” sebagai inti.

Pada konstitusi sebelumnya, Putin diminta mengundurkan diri pada tahun 2024 setelah menyelesaikan jabatannya selama hampir dua dekade, meskipun Putin sendiri belum tahu apakah dia akan mencalonkan lagi pada Pilpres Rusia 2024.

Lalu bagaimana Putin bisa menjadi Presiden dengan masa jabatan yang sangat lama? Berikut adalah faktanya.

1. Mantan Anggota KGB

Dilansir dari BBC, sebelum menjadi orang nomor satu Rusia, dulunya Putin adalah anggota intelijen KGB.

Dia bertugas di Dresden, Jerman Timur, saat terjadi Revolusi 1989 atau Kejatuhan Komunisme yang menyebabkan ribuan massa melayangkan protes hingga meruntuhkan Tembok Berlin dan Tirai Besi.

Putin mengambil sebuah langkah yang terbilang berani dengan membakar dokumen-dokumen KGB, yang dianggap bisa menjatuhkan Rusia pada masa itu.

Terlebih markas KGB telah diserbu oleh massa pada Desember 1989. Seorang penulis biografi Vladimir Putin asal Jerman, Boris Reitschuster, mengungkapkan bahwa Rusia saat ini bisa saja “berbeda” bila kala itu Putin tidak ditempatkan di Jerman Timur.

Karier politik Putin dimulai saat dia kembali ke kampung halamannya, St Petersburg. Dia menjadi Penasihat Wali Kota Anatoly Sobchak pada divisi Hubungan Internasional.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1524 seconds (0.1#10.140)