Invasi Masuki Hari Ketujuh, Zelensky: Rusia Ingin Menghapus Kami

Rabu, 02 Maret 2022 - 16:57 WIB
loading...
Invasi Masuki Hari Ketujuh, Zelensky: Rusia Ingin Menghapus Kami
Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy berpose setelah wawancara dengan Reuters di Kyiv, Ukraina, 1 Maret 2022. Foto/CNA/Reuters/Umit Bektas
A A A
LVIV - Rusia bertujuan untuk menghapus Ukraina , sejarah dan rakyatnya. Hal itu dikatakan oleh Presiden Volodymyr Zelensky dalam sebuah video pada Rabu (2/3/2022) saat invasi Rusia memasuki hari ketujuh dimulai dengan penembakan berat di pelabuhan Laut Hitam Mariupol.

Moskow beralih ke serangan di kota-kota Ukraina pada hari Selasa dan tampak siap untuk maju ke Kiev ketika Barat memperketat jerat ekonomi di sekitar Rusia sebagai pembalasan.

Tapi Zelensky, yang tidak bercukur dan mengenakan kaos khaki, mengatakan respons Barat tidak cukup, menyerukan lebih banyak dukungan internasional, termasuk mendukung tawaran Ukraina untuk bergabung dengan Uni Eropa.



"Ini bukan waktunya untuk bersikap netral," kata Zelenskyy, yang dengan nada menantang dan emosionalnya dalam pidato video regulernya telah mengajukan dukungan dan kepemimpinan negaranya dalam perang, yang katanya menewaskan hampir 6.000 tentara Rusia sejauh ini.

Merujuk pada serangan hari Selasa di Kiev di sebelah Babyn Yar - tempat pembantaian puluhan ribu orang Yahudi oleh pasukan pendudukan Jerman dan Ukraina pada Perang Dunia II - Zelenskyy mengatakan: "Serangan ini membuktikan bahwa bagi banyak orang di Rusia, Kiev kami benar-benar asing."

"Mereka tidak tahu apa-apa tentang Kiev, tentang sejarah kami. Tapi mereka semua memiliki perintah untuk menghapus sejarah kami, menghapus negara kami, menghapus kita semua," imbuhnya seperti dilansir dari Channel News Asia.



Sementara itu pihak berwenang di Ukraina mengatakan pelabuhan Mariupol di Laut Azov tenggara Ukraina berada di bawah pengeboman terus-menerus dan tidak dapat mengevakuasi mereka yang terluka sementara Kherson, di Laut Hitam di sebelah barat, benar-benar dikepung oleh pasukan Rusia yang menyerang.

"Kita semua mati lagi oleh Babyn Yar. Meskipun dunia telah berjanji berulang kali bahwa itu tidak akan pernah terjadi lagi," kata Zelensky.

"Tidakkah Anda melihat apa yang terjadi? Itulah mengapa sangat penting sekarang bahwa Anda, jutaan orang Yahudi di seluruh dunia, tidak tinggal diam. Karena Nazisme lahir dalam keheningan. Berteriak tentang pembunuhan warga sipil, berteriak tentang pembunuhan warga Ukraina," ujarnya.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1837 seconds (0.1#10.140)