Trump Jalan Tertatih-tatih, Publik AS Ramaikan #TRUMPstroke

Senin, 15 Juni 2020 - 12:30 WIB
loading...
Trump Jalan Tertatih-tatih, Publik AS Ramaikan #TRUMPstroke
Presiden Donald Trump saat hadiri wisuda di Akademi Militer Amerika Serikat di West Point, New York, Minggu (14/6/2020). Foto/Business Insider
A A A
WESTPOINT - Presiden Donald Trump jadi pembicaraan publik Amerika Serikat (AS) setelah berjalan tertatih-tatih ketika hendak menyampaikan pidato upcara kelulusan di Akademi Militer AS di West Point, New York, Minggu.

Pemandangan itu memicu publik Amerika berspekulasi negatif tentang kondisi kesehatan sang presiden. Beberapa pengguna media sosial bahkan meledek hal tersebut.

Trump yang menyadari kejadian itu menjadi pemberitaan media dan spekulasi publik langsung mengklarifikasi apa yang sebenarnya terjadi. Menurutnya, jalan menanjak menuju tempatnya pidato licin. (Baca: Lewat Buku, Eks Penasihat Gedung Putih Ungkap Borok Trump )

“Jalan yang saya turun setelah pidato West Point. Dimulainya sangat panjang dan curam, tidak memiliki pegangan dan, yang paling penting, sangat licin," tulis presiden berusia 74 tahun itu di Twitter via akun @realDonalTrump.

“Hal terakhir yang akan saya lakukan adalah 'jatuh cinta' kepada Fake News (Berita Palsu) untuk bersenang-senang. Sepuluh kaki terakhir saya berlari ke tanah datar. Momentum!," lanjut tweet penguasa Gedung Putih ini.

Namun, jurnalis Vox, Aaron Rupar, meragukan argumen presiden. "Patut dicatat bahwa semuanya cerah sepanjang penampilan Trump di West Point. Jika jalannya memang 'licin' itu bukan karena hujan. Dan tampaknya tidak curam," katanya, seperti dikutip news.com.au, Senin (15/6/2020).

Rupar mencatat pidato Trump yang berulang kali kesulitan mengeja nama Jenderal Douglas MacArthur. Menurutnya, presiden selalu mengucap "McGarther".

Rupar juga menunjukkan pemimpin Amerika seperti berjuang keras ketika mengangkat segelas air ke mulutnya. Berbagai kejanggalan itu membuat para pengguna Twitter di AS berspekulasi tentang kondisi kesehatannya, termasuk meramaikan tanda pagar #TRUMPstroke dan #TrumpIsNotWell.

Gedung Putih sudah merilis hasil pemeriksaan fisik tahunan Presiden Trump awal bulan ini. Hasilnya adalah presiden dinyatakan "tetap sehat.

Dalam pidatonya, presiden memuji "kemuliaan prajurit Amerika". "Amerika adalah negara terbesar dalam sejarah manusia," katanya kepada 1107 letnan dua yang baru diwisuda.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0922 seconds (0.1#10.140)