Gedung Putih Ajukan Proposal Rp91,9 Triliun untuk Respons Invasi Rusia ke Ukraina

Minggu, 27 Februari 2022 - 17:00 WIB
loading...
Gedung Putih Ajukan Proposal Rp91,9 Triliun untuk Respons Invasi Rusia ke Ukraina
Gedung Putih Ajukan Proposal Rp91,9 Triliun untuk Respon Invasi Rusia ke Ukraina. FOTO/Reuters
A A A
WASHINGTON - Gedung Putih mengatakan kepada Kongres Amerika Serikat (AS), bahwa mereka akan membutuhkan USD6,4 miliar (Rp91.9 triliun) dana baru untuk menanggapi invasi Rusia ke Ukraina. Jumlah ini termasuk USD3,5 miliar untuk Pentagon dan USD2,9 miliar lainnya untuk mendukung sekutu Eropa Timur dengan bantuan keamanan dan bantuan kemanusiaan.

Usulan USD2,9 miliar akan diberikan untuk Ukraina, negara-negara Baltik, Polandia dan negara-negara lain yang terkena dampak dan akan membayar makanan, energi dan bantuan ekonomi, serta sumber daya untuk melawan serangan siber dan disinformasi Rusia.



Pengajuan proposal baru ini akan menjadi tambahan untuk USD650 juta dalam bantuan keamanan dan USD52 juta dalam bantuan kemanusiaan yang telah dijanjikan AS ke Ukraina selama tahun lalu, serta jaminan pinjaman pemerintah sebesar USD1 miliar sebelumnya.

Proposal tersebut mengikuti pertemuan antara pejabat anggaran administrasi pemerintahan Presiden Joe Biden dan para pemimpin Kongres dan Senat AS, serta anggota parlemen di komite kunci, Bloomberg melaporkan.

Ketua Komite Alokasi Senat Patrick Leahy, D-Vt., mengatakan pada Jumat (25/2/2022), bahwa dia akan bekerja dengan pemerintahan Biden dan di seberang lorong untuk “menyediakan sumber daya yang diperlukan untuk menanggapi konflik yang tidak beralasan ini, terutama untuk mengatasi krisis kemanusiaan yang pasti akan meningkat di kebangkitan agresi Rusia.”



"Pemerintah AS perlu menyediakan sumber daya yang diperlukan untuk mendukung sekutu kami dan membantu orang-orang tak bersalah yang terperangkap di tengah bencana yang tidak perlu ini," kata Leahy dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip dari Defense News.

Rincian paket pengeluaran akan dinegosiasikan dan dapat berubah sebelum difinalisasi. Apropriator utama Senat untuk bantuan luar negeri, Senator Chris Coons, D-Del., mengatakan kepada wartawan pada hari sebelumnya bahwa dia berpikir tagihan USD10 miliar atau lebih akan memiliki dukungan bipartisan yang kuat.

“Ada antusiasme yang kuat untuk memberikan pasokan dan pelatihan berkelanjutan, dan dukungan terselubung dan terbuka lainnya apa pun yang diperlukan dan sesuai, untuk perlawanan Ukraina,” kata Coons. “USD10 miliar mungkin berada di ujung bawah, karena saya tidak [termasuk] apa yang mungkin menjadi permintaan sisi pertahanan yang kuat,” lanjutnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1938 seconds (0.1#10.140)