Ukraina Akan Bentuk Cyber Army untuk Perangi Penyusup Digital Rusia

Minggu, 27 Februari 2022 - 16:15 WIB
loading...
Ukraina Akan Bentuk Cyber Army untuk Perangi Penyusup Digital Rusia
Ukraina Akan Bentuk Cyber Army untuk Perangi Penyusup Digital Rusia. FOTO/Reuters
A A A
KIEV - Ukraina akan membentuk Pasukan Teknologi Informasi (Cyber Army). “Pasukan ini dibentuk untuk memerangi penyusupan digital Rusia ,” kata Wakil Perdana Menteri Ukraina, Mykhailo Fedorov pada Sabtu (26/2/2022), seperti dikutip dari Reuters.

Ukraina telah memanggil peretasnya ke bawah tanah untuk membantu melindungi infrastruktur penting dan melakukan misi mata-mata dunia maya terhadap pasukan Rusia, Reuters secara eksklusif melaporkan pekan lalu.



"Kami sedang menciptakan pasukan TI," tulis Fedorov dalam Tweet yang ditautkan ke saluran di aplikasi perpesanan Telegram yang menerbitkan daftar situs web Rusia terkemuka. "Akan ada tugas untuk semua orang. Kami terus berjuang di front cyber. Tugas pertama adalah pada saluran untuk spesialis cyber," lanjutnya.

Saluran Telegram mencantumkan situs web 31 bisnis besar Rusia dan organisasi negara termasuk raksasa energi Gazprom, produsen minyak terbesar kedua Rusia Lukoil, tiga bank dan beberapa situs web pemerintah. Kremlin.ru, situs resmi Kremlin dan kantor Presiden Rusia Vladimir Putin, dimatikan pada Sabtu (25/2/2022) dalam serangan penolakan layanan (DDoS) terdistribusi.

Perangkat lunak penghapus data berbahaya ditemukan beredar di Ukraina minggu lalu, menyerang ratusan komputer, menurut para peneliti di perusahaan keamanan siber ESET. Kecurigaan jatuh pada Rusia, yang telah berulang kali dituduh melakukan peretasan terhadap Ukraina dan negara-negara lain. Para korban termasuk lembaga pemerintah dan lembaga keuangan.



Inggris dan Amerika Serikat mengatakan, peretas militer Rusia berada di balik serentetan serangan DDoS pekan lalu yang secara singkat membuat situs perbankan dan pemerintah Ukraina offline sebelum invasi Rusia. Moskow telah dengan tegas membantah tuduhan itu.

Sementara itu, Elon Musk mengatakan pada Sabtu (26/2/2022), layanan broadband satelit Starlink milik perusahaan SpaceX telah diaktifkan di Ukraina. Hal ini terwujud setelah seorang pejabat Ukraina mendesak raksasa teknologi itu untuk menyediakan stasiun bagi negaranya yang sedang diperangi.

"Layanan Starlink sekarang aktif di Ukraina," tweet Musk, menambahkan "lebih banyak terminal dalam perjalanan." Tweet itu muncul sekitar 10 jam setelah Menteri Transformasi Digital Ukraina Mykhailo Fedorov mendesak Musk untuk menyediakan layanan Starlink ke Ukraina, beberapa hari setelah diserbu oleh negara tetangga Rusia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1605 seconds (0.1#10.140)