AS, UE dan Inggris Keroyok Putin dengan Sanksi karena Mengivasi Ukraina

Sabtu, 26 Februari 2022 - 07:21 WIB
loading...
AS, UE dan Inggris Keroyok Putin dengan Sanksi karena Mengivasi Ukraina
Amerika Serikat, Uni Eropa dan Inggris keroyok Presiden Rusia Vladimir Putin dengan sanksi karena menginvasi Ukraina. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) secara resmi telah menjatuhkan sanksi terhadap Presiden Rusia Vladimir Putin dan Menteri Luar Negeri Sergey Lavrov karena Moskow menginvasi Ukraina . Tindakan serupa juga dilakukan Uni Eropa (UE) dan Inggris.

“Presiden Putin dan Menteri Lavrov secara langsung bertanggung jawab atas invasi Rusia yang tidak beralasan dan melanggar hukum lebih lanjut ke Ukraina, negara berdaulat yang demokratis,” kata Departemen Keuangan AS dalam sebuah pernyataan hari Jumat waktu Washington atau Sabtu (26/2/2022) WIB.

Langka bagi departemen tersebut menunjuk kepala negara sebagai target sanksi Amerika.

Pejabat Rusia lainnya yang juga jadi target sanksi Washington adalah Menteri Pertahanan Sergei Shoigu dan Kepala Staf Umum Angkatan Bersenjata Rusia Valery Gerasimov.



Sebelas anggota Dewan Keamanan Rusia, termasuk Direktur Badan Intelijen Asing Sergei Naryshkin dan Sekretaris Dewan Keamanan Federasi Rusia Nikolai Patrushev tak luput dari bidikan sanksi Amerika.

"[AS] akan menunjuk lebih banyak di masa depan jika kampanye [militer] Rusia tanpa alasan melawan Ukraina tidak segera berakhir," lanjut Departemen Keuangan AS.

Sanksi tersebut mencakup pembekuan aset yang berbasis di AS dari mereka yang ditargetkan.

Warga negara Amerika juga dilarang melakukan semua transaksi yang melibatkan properti atau kepentingan apa pun dari individu yang masuk daftar hitam sanksi.

Juru bicara Gedung Putih Jen Psaki mengisyaratkan pada konferensi pers sebelumnya pada hari Jumat bahwa sanksi akan mencakup larangan perjalanan ke Amerika Serikat. Namun, Departemen Keuangan tidak menyebutkan pembatasan perjalanan dalam pernyataannya.

Sementara itu, Uni Eropa juga secara resmi menjatuhkan sanksi kepada Putin dan Menteri Luar Negeri Sergei Lavrov, dengan menuduh keduanya melanggar kedaulatan Ukraina setelah Moskow melancarkan operasi militer untuk mendukung dua republik di Ukraina timur yang baru diakui kemerdekaannya oleh Putin.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1524 seconds (0.1#10.140)