AS Kerahkan 3 Kapal Induk ke Indo-Pasifik, Warning bagi China

Senin, 15 Juni 2020 - 08:27 WIB
loading...
A A A
Sedangkan AS dan sekutu serta negara-negara mitranya di kawasan Indo-Pasifik telah meningkatkan operasi di dekat pulau-pulau buatan China untuk mencoba menumpulkan pembangunan China. Hanya saja, upaya-upaya itu belum membuahkan hasil.

Media pemerinth China, Global Times, juga menyoroti pengerahan tiga kapal induk Amerika di perairan Indo-Pasifik. Kapal USS Theodore Roosevelt dan kelompok tempurnya saat ini beroperasi di dekat Guam. Sedangkan kapal USS Nimitz dan kelompok tempurnya berada di Pasifik di lepas Pantai Barat AS, dan kapal USS Ronald Reagan dan kelompok tempurnya beroperasi di Laut Filipina.

Zhang Junshe, seorang peneliti senior di PLA Naval Military Studies Research Institute mengatakan Angkatan Laut AS terakhir kali mengirim tiga kapal induk ke wilayah tersebut pada 2017.

"Meskipun itu bukan praktik umum untuk mengerahkan tiga kapal induk AS di Pasifik Barat, itu terjadi sebelumnya, jadi ini bukan berita baru," katanya.

"Angkatan Laut AS menyebarkan kelompok-kelompok tempur kapal induknya di seluruh dunia. Tetapi biasanya tidak banyak dibahas dalam berita. Eksposur media profil tinggi kali ini patut diperhatikan karena mewujudkan kurangnya kepercayaan AS," imbuh dia, Minggu (14/6/2020).
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1623 seconds (0.1#10.140)