Pakar: Berakhirnya Perjanjian Oslo akan Rugikan Israel dan Palestina

Senin, 15 Juni 2020 - 05:47 WIB
loading...
A A A
Foqaha mengatakan, jika Israel memberikan suara mendukung RUU untuk mengenai pencaplokan Tepi Barat, situasinya akan berubah dari buruk menjadi lebih buruk.

(Baca: Ingin Caplok Tepi Barat, UEA Peringatkan Israel )

"Dari sudut pandang politik, pembubaran PA akan berarti bahwa solusi dua negara secara resmi mati. Israel akan perlu memasuki daerah-daerah yang ditinggalkan oleh PA untuk mendirikan pemerintahan militer di sana, sebuah langkah yang akan meningkatkan citranya. sebagai kekuatan pendudukan wilayah itu dan akan meningkatkan perlawanan Palestina," ucapnya.

"Terlepas dari itu menciptakan beban militer yang serius bagi Israel, itu juga berarti bahwa negara Yahudi perlu mengakomodasi kebutuhan ekonomi dan sipil Palestina, sesuatu yang mungkin ingin dihindari Tel Aviv dengan cara apa pun," sambungya.

Saat ini, PA, yang mempekerjakan lebih dari 170 ribu orang, mengurus sebagian besar kebutuhan penduduk Palestina, memberi mereka segala sesuatu mulai dari perawatan kesehatan dan pendidikan hingga pengembangan, bantuan dan layanan polisi. Pembatalan perjanjian diatur untuk mengalihkan tanggung jawab itu dari Ramallah dan langsung ke Tel Aviv, memperketat tali di leher ekonomi Israel, yang telah menderita krisis ekonomi akut yang disebabkan oleh wabah virus Corona pada pertengahan Maret.
(esn)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1482 seconds (0.1#10.140)