Pakar: Berakhirnya Perjanjian Oslo akan Rugikan Israel dan Palestina

Senin, 15 Juni 2020 - 05:47 WIB
loading...
Pakar: Berakhirnya Perjanjian Oslo akan Rugikan Israel dan Palestina
Ilustrasi
A A A
RAMALLAH - Presiden Palestina, Mahmoud Abbas akan merasa sulit untuk menepati janji dan membatalkan Perjanjian Oslo tahun 1993, terutama karena dia terikat oleh perjanjian ekonomi, keamanan, dan politik dengan Tel Aviv. Tetapi, rencana Israel mencaplok Tepi Barat mungkin membuatnya tidak punya pilihan.

Abbas telah memperingatkan bahwa rencana Israel untuk memperluas kedaulatan atas bagian-bagian Tepi Barat akan mengarah pada pembatalan Perjanjian Oslo, yang merupakan dasar pembentukan Otoritas Palestina (PA) dan terciptanya Palestina yang merdeka, dengan Ibu Kotanya di Yerusalem Timur.

(Baca: Warga Gaza Kembali Terbangkan Balon Pembakar ke Israel )

Meskipun ancaman serupa telah disuarakan oleh Abbas sebelumnya, Nidal Foqaha, Direktur Jenderal Koalisi Inisiatif Perdamaian Palestina-Jenewa di Ramallah, percaya kali ini ancaman Abbas sangat serius, terutama karena niat Israel untuk mencaplok sekitar 30 persen dari wilayah Tepi Tepi Barat, yang dianggap ancaman eksistensial bagi kepemimpinan PA.

"Rencana itu akan merusak kelangsungan teritorial Tepi Barat dan akan meninggalkan Palestina dengan daerah-daerah kecil dan terfragmentasi yang akan sulit untuk diamankan dan dikelola," katanya.

Foqaha, seperti dilansir Sputnik, menuturkan bahwa meskipun ada niat di sana, Abbas akan merasa sulit untuk terus mempertahankan janjinya.

Salah satu alasan untuk ini, menurut Foqaha, adalah sejumlah besar proyek ekonomi bersama yang ditandatangani antara PA dan Israel. Selama bertahun-tahun, Tel Aviv dan Ramallah telah menandatangani kesepakatan di sejumlah bidang termasuk energi, semen, listrik dan telekomunikasi, dan pembatalan Perjanjian Oslo akan menempatkan hal ini dalam resiko.

Selama bertahun-tahun, kedua pihak juga telah bekerja sama dalam hal keamanan, dengan PA membantu Israel menggagalkan sejumlah serangan teroris terhadap anggota militer dan warga sipilnya. Koordinasi ini masih berlanjut meskipun ada ancaman sebelumnya yang dibuat oleh Abbas untuk menghentikan bantuan Palestina ke Tel Aviv, penghentian Perjanjian Oslo kemungkinan akan mendorong paku terakhir ke peti mati kemitraan keamanan ini.

"Sejujurnya, Israel tidak pernah terikat oleh perjanjian Oslo di masa lalu, tetapi setidaknya pakta itu ada di atas kertas. Sekarang, bagaimanapun, jika dibatalkan, kita akan dipaksa untuk kembali ke masa ketidakstabilan, rasa tidak aman dan kekerasan, serta Israel akan menjadi pecundang pertama dari situasi ini," ujarnya.

Dalam beberapa pekan terakhir, di tengah seruan Hamas untuk memulai Intifada ketiga, gerilyawan Palestina telah melakukan beberapa serangan terhadap sasaran militer negara Yahudi itu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1450 seconds (0.1#10.140)