Zelensky: Pasukan Rusia Berusaha Rebut Pembangkit Listrik Nuklir Chernobyl

Jum'at, 25 Februari 2022 - 01:19 WIB
loading...
Zelensky: Pasukan Rusia Berusaha Rebut Pembangkit Listrik Nuklir Chernobyl
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menyatakan pasukan Rusia berusaha merebut pembangkit listrik tenaga nuklir Chernobyl. Foto/CBS News
A A A
KIEV - Pasukan Rusia berusaha merebut pembangkit listrik tenaga nuklir Chernobyl, lokasi bencana nuklir 1986. Hal itu diungkapkan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky.

"Pasukan pendudukan Rusia berusaha merebut #Chornobyl_NPP," tweet Zelensky, beberapa jam setelah Rusia memulai invasi ke Ukraina.

"Pejuang kami memberikan hidup mereka sehingga tragedi 1986 tidak akan terulang," sambungnya seperti dilansir dari CBS News, Jumat (25/2/2022).



Zelensky menyebutnya sebagai "deklarasi perang melawan seluruh Eropa."

Bencana pada tahun 1986 adalah kecelakaan nuklir terburuk di dunia. Sebuah ledakan dan kebakaran di lokasi - sekitar 80 mil utara Ibu Kota Ukraina - mengirim radiasi ke udara, dengan jumlah besar terbawa ke Belarusia, Rusia dan Ukraina.

Puluhan orang dievakuasi dari daerah tersebut setelah kehancuran, dan sedikitnya 32 orang tewas karena ledakan dan segera setelahnya. Sekitar 11.000 kasus kanker tiroid mungkin terkait dengan bencana tersebut, menurut laporan tahun 2016 dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).



Pembangkit listrik itu telah dinonaktifkan dan tempat perlindungan menutupi reaktor untuk mencegah kebocoran radiasi. Area di sekitar reaktor pun terlarang untuk umum.

Rusia meluncurkan serangan luas ke Ukraina pada hari ini, menghantam kota-kota dan pangkalan militer dengan serangan udara atau tembakan. Pemerintah Ukraina mengatakan tank dan pasukan Rusia meluncur melintasi perbatasan dan menuduh Moskow melancarkan “perang skala penuh.”

Zelensky mengatakan negaranya telah menderita "kerugian serius" pada tahap awal serangan Rusia. Seorang penasihat mengatakan sedikitnya 40 orang telah tewas, Radio Free Europe melaporkan, tetapi media lain menyebutkan jumlah korban lebih tinggi.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1094 seconds (0.1#10.140)