Melunak, Rusia Siap Negosiasi dengan Ukraina

Jum'at, 25 Februari 2022 - 00:19 WIB
loading...
Melunak, Rusia Siap Negosiasi dengan Ukraina
Asap hitam mengepul dari bandara militer di Chuguyev dekat Kharkiv. Foto/The Guardian
A A A
MOSKOW - Rusia bersedia untuk merundingkan persyaratanmenyerah dengan Kievterkait serangan militer yang sedang berlangsung yang saat ini terjadi di Ukraina . Hal itu diungkapkan Sekretaris Pers Kremlin Dmitry Peskov.

Menurut Peskov, Presiden Rusia Vladimir Putin telah menyatakan kesiapannya untuk terlibat dalam diskusi dengan mitranya dari Ukraina, dengan fokus untuk memperoleh jaminan status netral dan janji tidak akan memiliki senjata di wilayahnya.

Ini adalah istilah-istilah yang, menurut Peskov, akan memungkinkan tercapainya demiliterisasi dan denazifikasi Ukraina, serta menghilangkan apa yang saat ini dipandang Rusia sebagai ancaman terhadap keamanan negara dan rakyatnya.



“Presiden merumuskan visinya tentang apa yang kami harapkan dari Ukraina agar apa yang disebut masalah 'garis merah' dapat diselesaikan. Ini adalah status netral, dan ini adalah penolakan untuk menyebarkan senjata,” jelas Peskov seperti dikutip dari Russia Today, Jumat (25/2/2022).

Sekretaris pers Kremlin itu menambahkan bahwa Putin akan menentukan waktu negosiasi, tetapi memberikan jaminan bahwa Rusia hanya akan terlibat jika kepemimpinan Ukraina siap untuk membicarakannya.

“Operasi ini memiliki tujuan – mereka harus dicapai. Presiden mengatakan bahwa semua keputusan telah dibuat, dan tujuan akan tercapai,” lanjut Peskov, menyarankan bahwa, jika Kiev setuju untuk memenuhi tuntutan, serangan militer saat ini di Ukraina dapat dihentikan.



Pada Kamis pagi dini hari, Putin mengajurkan sebuah "operasi khusus" di Ukraina, dengan tujuan "mengamankan perdamaian" di Republik Rakyat Donetsk dan Lugansk yang memisahkan diri di wilayah Donbass.

Dalam beberapa hari terakhir para pemimpin kelompok telah membuat klaim serangan di wilayah mereka oleh tentara Ukraina.

Sepanjang hari Kamis, operasi tersebut telah menjadi serangan skala penuh, dengan bandara Ukraina, pangkalan militer, dan kota-kota, termasuk ibu kota Kiev, semuanya rusak dalam serangan udara dalam upaya Rusia untuk melumpuhkan respons militer Ukraina.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1661 seconds (0.1#10.140)