Meme Kedubes AS di Ukraina Bikin Gerah Rusia, Cek Fakta Lengkapnya

Rabu, 23 Februari 2022 - 09:05 WIB
loading...
A A A
Alexander Nevsky menggunakan hubungan persahabatannya dengan Gerombolan Emas (Golden Horde) Mongolia untuk memenangkan penunjukan sebagai Pangeran Agung Vladimir dan kemudian bahkan menguasai Kiev.

Putra Alexander, Daniel, mewarisi Moskow, yang menikmati stabilitas politik yang unik seperti kerajaan-kerajaan Rus lainnya hancur, dan tumbuh kaya dan berkuasa setelah memenangkan konsesi penting dari Golden Horde untuk menjadi satu-satunya pemungut pajak dari kerajaan Rus lainnya.

Pada 1480, Moskow telah menjadi kerajaan yang cukup kuat untuk menghadapi tentara Mongolia dan menang.

Moskow meraih kemenangan de facto di Sungai Ugra, ketika bangsa Mongol melarikan diri dan bukannya mencoba menyeberangi sungai untuk mengakhiri perlawanan Moskow.

Kemenangan itu berarti Moskow menjadi "pengumpul" tanah Rusia menjadi kerajaan baru dan lebih besar, seperti yang dikatakan seorang sejarawan.

“Pengumpul” itu, Pangeran Agung Ivan III, adalah orang pertama yang secara tidak resmi menyebut dirinya Tsar (Caesar) setelah dia menikahi Sophia Palaiologina, putri kaisar Bizantium terakhir, yang kekaisarannya telah dihancurkan Kekaisaran Ottoman (Turki Ustmani).

Pada 1492, Patriark Metropolitan Moskow, Zosimus, mendeklarasikan Ivan "Tsar Constantine baru dari kota baru Constantine, Moskow."

Sisanya, seperti yang mereka katakan, adalah sejarah.

(sya)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1151 seconds (0.1#10.140)