Meme Kedubes AS di Ukraina Bikin Gerah Rusia, Cek Fakta Lengkapnya

Rabu, 23 Februari 2022 - 09:05 WIB
loading...
A A A
Namun, ada beberapa fakta dan fiksi dalam upaya membalikkan urutan hal-hal itu dan mengklaim bahwa budaya Ukraina mendahului budaya Rusia.

Kiev dan banyak negara kecil lainnya yang terdiri dari suku Slavia menjadi terkenal di bawah kekuasaan Pangeran Rurikid, yang merupakan panglima perang Norse atau "Varangian" dari orang yang disebut Rus', yang menaklukkan sungai-sungai Timur Eropa yang pernah mereka jadikan jalur perdagangan.

Rurik dari Ladoga adalah yang pertama, yang diundang pada 860 M untuk memerintah Novgorod sebagai pangeran, bersama saudara-saudaranya Sineus di Beloozero (Belozersk) dan Truvor di Izborsk.

Ketika Rurik meninggal, Pangeran Oleg, wali untuk putranya yang masih kecil Igor, memimpin ekspedisi militer ke Dinieper dan pada 882 menaklukkan kota Kiev, yang kemudian diperintah kerajaan Turki Yahudi yang disebut Khazar.

Oleg memproklamirkan Kiev sebagai "Kota Ibu Rus" dan menjadikannya ibu kota barunya. Oleg kemudian mengepung Konstantinopel, ibu kota Kekaisaran Bizantium.

Meski Oleg gagal merebut kota metropolis Konstantinopel, serangan itu meningkatkan kesadaran kaisar terhadap Rus dan dia mengirim misionaris untuk mencoba mengubah mereka menjadi Kristen Ortodoks.

Olga dari Kiev, penguasa wanita pertama kekaisaran, berpindah agama ke Kristen Ortodoks selama kunjungan ke Konstantinopel pada 950-an.

Baru setelah Volodymyr Agung berpindah ke Kristen Ortodoks pada 998, dia "membaptis" kota Kiev hingga Kekristenan menguasai wilayah tersebut.

Menurut salah satu legenda, Volodymyr berkonsultasi dengan para pemimpin agama Kristen, Yahudi, dan Islam tentang masing-masing agama mereka sebelum membuat keputusan, tetapi akhirnya menolak Yahudi dan Islam.

Volodymyr-lah yang memerintahkan pembangunan Gereja Tertidurnya Perawan pada 996, yang disebutkan dalam tweet kedutaan AS.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1711 seconds (0.1#10.140)