Menerka Awal Mula Penyebaran Islam di Eropa Timur

Selasa, 22 Februari 2022 - 19:27 WIB
loading...
Menerka Awal Mula Penyebaran Islam di Eropa Timur
Cuplikan film The Golden Horde yang menampilkan sejarah dinasti tersebut. Foto/marsme.ru
A A A
KIEV - Penyebaran Islam di Eropa Timur masih menjadi tanda tanya banyak pakar. Terutama pertanyaan mengenai sejak kapan Islam masuk dan menyebar di kawasan Eropa Timur?

Kawasan Eropa Timur merupakan negara-negara yang hampir semuanya bekas pecahan Uni Soviet, seperti Rusia, Belarusia, Ukraina, hingga Azerbaijan.

Mayoritas masyarakat di kawasan Eropa Timur menganut agama Kristen. Sedangkan agama Islam di Eropa Timur menjadi agama terbanyak kedua setelah Kristen.



Melansir dari penelitian ilmiah berjudul “Sejarah Dinasti Golden Horde di Eropa Timur dan Pengaruhnya Terhadap Dunia Islam” karya Ari Nirwana dari UIN Sunan Ampel Surabaya, penyebaran agama Islam di kawasan Eropa Timur mendapat pengaruh yang diberikan Dinasti Golden Horde.



Singkat cerita, Dinasti Golden Horde merupakan salah satu dinasti yang pada awalnya bagian dari imperium Mongol yang didirikan Genghis Khan.



Setelah kematiannya, imperium Mongol diwariskan kepada empat orang putranya. Dinasti Golden Horde terbentuk oleh cucu dari Genghis Khan bernama Batu yang merupakan anak dari putra sulung Genghis Khan, yaitu Jochi.

Kemudian, setelah kematian Batu, dinasti Horde dipimpin oleh Berke. Saat menjadi pemimpin, Berke secara terang-terangan menyatakan dirinya sebagai orang muslim dan menjadi khan Mongol pertama yang memeluk agama Islam.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1531 seconds (0.1#10.140)