Rusia Akan Gelar Vaksinasi untuk Pengungsi dari Donbass

Selasa, 22 Februari 2022 - 00:15 WIB
loading...
Rusia Akan Gelar Vaksinasi untuk Pengungsi dari Donbass
Ilustrasi
A A A
ROSTOV-ON-DON - Pihak berwenang Rusia siap untuk memvaksinasi Covid-19 pengungsi yang datang dari Donbass jika diperlukan. Penjabat Menteri Situasi Darurat Rusia, Alexander Chupriyan mengatakan kepada wartawan, Minggu (20/2/2022).

"Pihak Rusia siap melakukan vaksinasi di antara populasi yang tiba," kata Chupriyan, seperti dikutip dari TASS. Pengungsi juga akan mengikuti tes PCR setibanya di pusat akomodasi sementara.



“Telah terdeteksi kasus virus Corona yang terisolasi di antara pengungsi yang dievakuasi dari Donbass dan mereka yang menetap di pusat akomodasi sementara di wilayah Rostov,” sebut pernyataan pemerintah daerah setempat.

Situasi di sepanjang jalur kontak di Ukraina timur memburuk sejak Kamis (17/2/2022) pagi. Republik Rakyat Lugansk dan Donetsk melaporkan beberapa penembakan paling intensif oleh pasukan Ukraina dalam beberapa bulan terakhir. Penembakan itu merusak beberapa fasilitas sipil.

Pada hari Jumat, para pemimpin Republik Rakyat Lugansk dan Donetsk mengumumkan evakuasi penduduk republik ke Rusia, dengan alasan meningkatnya ancaman permusuhan.



Pemimpin Republik Rakyat Donetsk (DPR) Denis Pushilin dan Republik Rakyat Lugansk (LPR) Leonid Pasechnik juga telah meminta Presiden Rusia Vladimir Putin mengakui kemerdekaan mereka dari Ukraina.

Pengakuan Putin atas kemerdekaan dua republik di Donbass itu dapat semakin memanaskan konflik di Ukraina saat ini.

"Untuk menentukan kedudukan hukum internasional kami dan, sebagai akibatnya, kemungkinan perlawanan penuh terhadap agresi militer otoritas Ukraina, untuk mencegah jatuhnya korban di antara warga sipil, penghancuran infrastruktur dan perumahan, atas nama seluruh rakyat Republik Rakyat Donetsk, kami meminta Anda untuk mengakui DNR sebagai negara yang independen, demokratis, legal dan sosial," ungkap Pushilin dalam pidatonya Senin.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0964 seconds (0.1#10.140)