Inilah Blue Spear, Rudal Canggih Buatan Israel dan Tetangga Indonesia

Kamis, 17 Februari 2022 - 07:07 WIB
loading...
Inilah Blue Spear, Rudal Canggih Buatan Israel dan Tetangga Indonesia
Blue Spear 5G SSM, rudal canggih generasi kelima buatan perusahaan pertahanan Israel dan Singapura. Foto/Proteus Advanced Systems
A A A
SINGAPURA - Untuk pertama kalinya rudal canggih generasi kelima buatan perusahaan pertahanan Israel dan Singapura diperlihatkan di Singapore Airshow. Senjata ini bernama Blue Spear 5G SSM.

Video yang dirilis oleh Proteus Advanced Systems—terdiri dari Israel Aerospace Industries (IAI) dan ST Engineering Land Systems —menyatakan bahwa profil penerbangan dan eksekusi misi Blue Spear dapat diprogram oleh operatornya tetapi juga bisa sangat otomatis, tergantung pada persyaratan misi.

IAI mengatakan rudal surface-to-surface [permukaan-ke-permukaan] generasi kelima ini dirancang untuk menang dalam situasi yang diperebutkan, padat dan kompleks, bahkan ketika diadu melawan tindakan pencegahan yang semakin canggih.

Berbicara kepada Defense News di Singapore Airshow, Ron Tryfus, manajer umum Proteus Advanced Systems, mengatakan tautan data canggih Blue Spear 5G SSM dapat digunakan dalam mode fire-and-update [tembak-dan-perbarui] selainmode fire-and-forget [tembak-dan-lupakan].



Tautan data onboard juga memungkinkan rudal dilacak dalam penerbangan oleh operator.

Namun, Tryfus menolak untuk menjawab secara langsung apakah rudal tersebut dapat diprogram ulang untuk menyerang target yang berbeda ketika sudah dalam penerbangan.

Sebagai gantinya, dia mengatakan kepada Defense News bahwa pelanggan akan dapat menentukan jenis pembaruan di tengah jalan yang mampu dilakukan rudal saat digunakan dalam mode fire-and-update.

Dia juga menyinggung hubungan antara rudal Blue Spear dan Sea Serpent; yang terakhir adalah varian khusus yang ditawarkan oleh IAI dan Thales untuk rudal anti-kapal Angkatan Laut Kerajaan Inggris. Tryfus mengatakan IAI mengambil bagian dalam kompetisi Inggris atas nama Proteus.

Brosur produk mengonfirmasi bahwa rudal Blue Spear lebih dari sekadar senjata anti-kapal dan dapat digunakan melawan target darat di lingkungan pesisir, laut terbuka, dan darat.

Estonia memilih Blue Spear untuk pertahanan pesisir dan akan memasang sistem tersebut pada truk yang membawa kotak peluncuran rudal dalam kontainer 20 kaki. Tryfus mencatat tidak ada rencana untuk varian yang diluncurkan di udara.

Dalam rilis beritanya, IAI mengatakan bahwa sistem rudal tersebut memberikan kemampuan anti-kapal dan serangan darat gabungan yang lincah, sangat penetratif, dengan jangkauan 290 kilometer (180 mil) pada kecepatan subsonik, meskipun tinggi.

Rudal itu menyebarkan pencari pelacak radar aktif dan sistem kontrol senjata canggih untuk memberikan deteksi dan keterlibatan target yang tepat. Itu juga dapat beroperasi siang atau malam dalam semua kondisi cuaca.

Defense News dalam laporannya yang dilansir Kamis (17/2/2022) mengatakan bahwa divisi sistem darat ST Engineering bertanggung jawab atas desain, pengembangan, dan produksi subsistem utama seperti motor booster dan hulu ledak amunisi tidak sensitif, yang memiliki bobot 150 kilogram (330 pon).
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1605 seconds (0.1#10.140)