Tak Mau Ganggu Rusia, Israel Tolak Jual Sistem Rudal Iron Dome ke Ukraina

Rabu, 16 Februari 2022 - 04:27 WIB
loading...
Tak Mau Ganggu Rusia, Israel Tolak Jual Sistem Rudal Iron Dome ke Ukraina
Israel menolak menjual sistem pertahanan rudal Iron Dome kepada Ukraina karena tidak ingin mengganggu Rusia. Foto/REUTERS
A A A
TEL AVIV - Israel menolak untuk menjual sistem pertahanan rudal Iron Dome ke Ukraina agar tidak mengganggu Rusia . Negara mayoritas Yahudi tersebut tetap pada pendiriannya yang memilih netral dalam konflik Moskow dan Kiev.

Keputusan itu juga mempertimbangkan kehadiran militer Moskow di Suriah, yang berarti militer Rusia dan Israel sebenarnya berbagi perbatasan.

Pemerintah Israel percaya pemerintahan Presiden AS Joe Biden dan para pemimpin Kongres memahami perlunya Israel untuk melangkah ringan, dan menunjukkan perilaku bertanggung jawab dan sensitif ketika datang untuk memasok senjata pertahanannya.

Sistem pertahanan rudal Iron Dome dikembangkan bersama oleh Israel dengan Pentagon. Perjanjian antara kedua negara tidak mengizinkan penjualan teknologi kepada pihak ketiga tanpa persetujuan bersama.



Senjata pertahanan itu meraih popularitasnya setelah konflik militer Israel dengan Hamas pada Mei 2021. Hal itulah yang membuat Ukraina, antara lain, menginginkan pembeliannya.

Kiev memulai kampanye tekanan pada pembuat undang-undang di Washington untuk memfasilitasi kesepakatan pembelian Iron Dome.

Ukraina juga secara resmi meminta AS untuk menyebarkan sistem rudal patriot Amerika dan Iron Dome di wilayah mereka musim semi lalu, sebelum kemungkinan invasi Rusia ke negara itu menjadi nyata.

Pemerintahan Biden dan anggota Kongres dari kedua partai, cenderung mengambil posisi yang lebih agresif atas agresi lanjutan Rusia di Ukraina timur.

Tetapi beberapa di Kongres, yang ingin memberikan lebih banyak tekanan pada Biden, telah memasukkan amandemen yang dilampirkan pada RUU Pertahanan 2022 yang akan menekan Gedung Putih untuk menjual atau mentransfer sistem pertahanan udara dan rudal ke Ukraina, termasuk Iron Dome.

“Mengingat keinginan dan pengakuan bipartisan bahwa lebih banyak yang perlu dilakukan di front pertahanan udara terintegrasi untuk Ukraina, dan mengingat beberapa keputusan kebijakan pemerintah terhadap Ukraina baru-baru ini, ada keinginan untuk mencoba dan berbuat lebih banyak untuk membantu mereka daripada apa yang dilakukan tim Biden," kata staf pemerintah Biden, yang berbicara dengan syarat anonim, seperti dikutip Politico.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1592 seconds (0.1#10.140)