Negara-negara yang Penduduknya Banyak Tidak Menikah

Senin, 14 Februari 2022 - 15:25 WIB
loading...
A A A
2. Korea Selatan

Negara yang terkenal dengan gemerlap dunia K-Pop dan budayanya yang mendunia, Korea Selatan, didapuk sebagai negara dengan tingkat kesuburan terendah.

Rata-rata wanita Korea Selatan hanya memiliki 1,1% anak. Mereka memilih tidak memiliki hubungan romantis sama sekali.

Bahkan mereka membentuk kelompok feminis radikal nasional bernama 4B atau Four Nons yang berarti “no dating, no sex, no marriage, and no child-rearing”.

Pemerintah sendiri memperkirakan populasi Korea Selatan akan turun dratis dari 55 juta menjadi 39 juta di tahun 2067. PBB juga memperkirakan persentase masyarakat Korea Selatan di tahun 2060 mayoritas berusia 65 tahun ke atas.

3. Swedia

Kebanyakan warga Swedia memang individualis dan menghargai privasi orang. Kesetaraan gender dalam hal pekerjaan juga membuat wanita bisa menghidupi anak seorang diri hanya dari biaya yang diberikan negara.

Di negara yang terletak di Eropa utara ini, berkembang istilah “sambo”, yang merujuk pada pasangan tinggal satu atap tanpa ikatan pernikahan.

Bahkan sambo sudah ditetapkan legal secara hukum dalam Undang-Undang Sambolag 2003:376. Sambo, meski pada dasarnya mirip seperti pernikahan, nyatanya tidak ada ikatan di dalamnya kecuali sebagai pasangan kekasih.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1340 seconds (0.1#10.140)