Timeline Hari ke Hari Ukraina-Rusia di Ambang Perang

Senin, 14 Februari 2022 - 07:38 WIB
loading...
A A A
Dia menambahkan bahwa "fakta" yang disajikan oleh timnya pada krisis "memantul" rekan-rekan Inggris mereka.

Truss, yang memperingatkan sanksi keras Barat jika Ukraina diserang, menantang Lavrov tentang pernyataannya bahwa penumpukan pasukan dan persenjataan Rusia tidak mengancam siapa pun.

11 Februari 2022

Penasihat Keamanan Nasional Biden, Jake Sullivan, mengatakan intelijen AS menunjukkan invasi Rusia bisa dimulai dalam beberapa hari, sebelum Olimpiade Beijing berakhir pada 20 Februari 2022.

Pentagon memerintahkan tambahan 3.000 tentara AS untuk dikirim ke Polandia untuk meyakinkan sekutu. Sementara itu, sejumlah negara menyerukan warganya untuk meninggalkan Ukraina, dengan beberapa peringatan bahwa evakuasi militer tidak akan dijamin jika terjadi perang.

12 Februari 2022

Biden dan Putin mengadakan pembicaraan melalui konferensi video. Presiden AS mengatakan invasi Rusia ke Ukraina akan menyebabkan "penderitaan manusia yang meluas" dan bahwa Barat berkomitmen pada diplomasi untuk mengakhiri krisis tetapi juga siap untuk skenario lain.

Putin mengeluh dalam seruan itu bahwa AS dan NATO belum menanggapi secara memuaskan tuntutan Rusia agar Ukraina dilarang bergabung dengan aliansi militer NATO dan NATO menarik mundur pasukan dari Eropa Timur.

Yuri Ushakov, ajudan utama kebijakan luar negeri Putin, mengatakan bahwa sementara ketegangan telah meningkat selama berbulan-bulan, dalam beberapa hari terakhir situasinya telah dibawa ke titik absurditas.

Dia mengatakan Biden menyebutkan kemungkinan sanksi yang dapat dikenakan pada Rusia."Tetapi, masalah ini bukan fokus selama percakapan yang cukup panjang dengan pemimpin Rusia," katanya.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1515 seconds (0.1#10.140)