Timeline Hari ke Hari Ukraina-Rusia di Ambang Perang

Senin, 14 Februari 2022 - 07:38 WIB
loading...
Timeline Hari ke Hari Ukraina-Rusia di Ambang Perang
Situasi ketegangan antara Ukraina dan Rusia sudah di ambang perang. Foto/REUTERS
A A A
KIEV - Ketegangan atas krisis Ukraina-Rusia telah mendidih selama lebih dari dua bulan hingga ke level di ambang perang. Upaya diplomatik untuk menyelesaikan masalah hanya menunjukkan sedikit tanda kemajuan.

Rusia memiliki lebih dari 100.000 tentara di dekat perbatasannya dengan Ukraina, memicu peringatan Barat tentang invasi yang akan segera terjadi.

Moskow, yang telah berulang kali membantah rencana akan menyerang Kiev dan mengatakan pihaknya akan menanggapi agresi oleh sekutu NATO, menolak peringatan Barat sebagai "histeria".



Berikut adalah timeline hari demi hari Ukraina-Rusia di ambang perang, sebagaimana dikutip dari Al Jazeera, Senin (14/2/2022):

November 2021

Citra satelit menunjukkan penumpukan baru pasukan Rusia di dekat perbatasan dengan Ukraina, dan Kiev mengatakan Moskow telah memobilisasi 100.000 tentara bersama dengan tank dan perangkat keras militer lainnya.

7 Desember 2021

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden memperingatkan Rusia tentang sanksi ekonomi Barat jika menyerang Ukraina.

17 Desember 2021

Rusia mengajukan tuntutan keamanan yang terperinci kepada Barat, termasuk bahwa NATO menghentikan semua aktivitas militer di Eropa Timur dan Ukraina dan bahwa aliansi tersebut tidak pernah menerima Ukraina atau negara-negara bekas Soviet lainnya sebagai anggota.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1640 seconds (0.1#10.140)