Bersiap Hadapi Invasi Rusia, Kepala Angkatan Bersenjata Ukraina: Selamat Datang di Neraka!

Minggu, 13 Februari 2022 - 22:35 WIB
loading...
Bersiap Hadapi Invasi Rusia, Kepala Angkatan Bersenjata Ukraina: Selamat Datang di Neraka!
Bersiap Hadapi Invasi Rusia, Kepala Angkatan Bersenjata Ukraina: Selamat Datang di Neraka!. FOTO/National Interest
A A A
KIEV - Isu kemungkinan invasi Rusia ke Ukraina membuat banyak elemen di Ukraina bersiap menghadapi serangan. Kepala Angkatan Bersenjata Ukraina, Valery Zaluzhny dan Menteri Pertahanan Oleksii Reznikov mengatakan, penyerang tidak akan merebut Kiev, Odessa, Kharkiv, atau kota Ukraina lainnya.

"Kami telah memperkuat pertahanan Kiev. Kami telah melalui perang dan persiapan yang matang. Oleh karena itu, kami siap untuk bertemu musuh dan bukan dengan bunga, tetapi dengan Stinger, Javelin, dan NLAW. Selamat datang di neraka!", kata Zaluzhny, merujuk ke berbagai senjata anti-roket dan anti-pesawat yang diterima dari Barat.



Militer mengatakan, intelijen Ukraina dan tentara memiliki kendali atas situasi di perbatasan dan Kiev mengoordinasikan tindakannya dengan sekutu. "Persatuan demokrasi terkemuka seperti itu belum ada selama beberapa dekade," kata Zaluzhny dan Reznikov.

Zelenskiy menyuarakan rasa frustrasinya bulan lalu dengan penilaian yang mengerikan tentang perang. Peringatan semacam itu telah berdampak pada ekonomi, menumpuk tekanan pada mata uang nasional, dan berpeluang menimbulkan resesi.

Ukraina juga melihat tidak ada gunanya menutup wilayah udaranya di tengah eskalasi dengan Rusia. Maskapai Belanda KLM mengatakan pada hari Sabtu, bahwa mereka akan segera berhenti terbang ke Ukraina, sementara maskapai SkyUp Ukraina mengatakan pada hari Minggu bahwa mereka harus mengalihkan satu pesawatnya setelah pemilik pesawat sewaan melarang penerbangan memasuki wilayah udara Ukraina.



"Poin terpenting adalah bahwa Ukraina sendiri tidak melihat ada gunanya menutup langit. Ini omong kosong. Dan, menurut saya, ini agak mirip dengan blokade parsial," kata Mykhailo Podolyak, penasihat kepala staf presiden Ukraina.



"Jika maskapai penerbangan tertentu memutuskan untuk mengkonfigurasi ulang jadwal penerbangan, ini tentu tidak ada hubungannya dengan keputusan atau kebijakan negara kita," katanya kepada Reuters.

SkyUp Ukraina mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa salah satu pesawatnya, yang membawa 175 penumpang dari Portugal, harus mendarat di Moldova pada Sabtu, alih-alih melanjutkan penerbangan ke Ukraina setelah pemilik pesawat sewaan yang berbasis di Irlandia mencegah pesawat memasuki wilayah udara Ukraina. Itu tidak memberikan rincian lebih lanjut.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1448 seconds (0.1#10.140)