Waswas Rusia Bakal Invasi Ukraina, AS Akan Evakuasi Kedutaan

Sabtu, 12 Februari 2022 - 14:15 WIB
loading...
Waswas Rusia Bakal Invasi Ukraina, AS Akan Evakuasi Kedutaan
Khawatir Rusia bakal invasi Ukraina, AS akan evakuasi kedubes di Kiev. Foto/New York Post
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) akan mengevakuasi kedutaan besarnya di Kiev ketika para pejabat intelijen Barat memperingatkan bahwa invasi Rusia ke Ukraina semakin dekat.

Pejabat AS mengatakan Departemen Luar Negeri berencana untuk mengumumkan pada Sabtu (12/2/2022) pagi waktu setempat bahwa hampir semua staf Amerika di kedutaan Kiev akan diminta untuk pergi sebelum invasi Rusia yang ditakuti terjadi seperti dilansir dari AP.

Sejumlah kecil pejabat mungkin tetap berada di Kiev tetapi sebagian besar dari hampir 200 orang Amerika di kedutaan akan dikirim atau dipindahkan ke ujung barat Ukraina, dekat perbatasan Polandia, sehingga AS dapat mempertahankan kehadiran diplomatik di negara itu.

Terkait laporan ini Departemen Luar Negeri AS tidak akan berkomentar.



Departemen Luar Negeri AS sebelumnya telah memerintahkan keluarga staf kedutaan di Kiev untuk pergi. Tapi itu diserahkan kepada kebijaksanaan personel yang tidak penting jika mereka ingin pergi. Langkah baru itu dilakukan saat Washington meningkatkan peringatannya tentang kemungkinan invasi Rusia ke Ukraina.

Para pejabat, yang berbicara dengan syarat anonim karena mereka tidak berwenang untuk membahas masalah ini secara terbuka, mengatakan sejumlah kecil diplomat AS dapat dipindahkan ke ujung barat Ukraina, dekat perbatasan dengan Polandia, sekutu NATO, sehingga AS dapat mempertahankan kehadiran diplomatik di negara tersebut.

Pentagon pada hari Jumat mengumumkan bahwa mereka mengirim 3.000 pasukan tempur lagi ke Polandia untuk bergabung dengan 1.700 yang sudah berkumpul di sana dalam demonstrasi komitmen Amerika kepada negara sekutunya di NATO yang khawatir dengan prospek Rusia menyerang Ukraina.

Tentara tambahan akan meninggalkan pos mereka di Fort Bragg, Carolina Utara, selama beberapa hari ke depan dan akan berada di Polandia pada awal minggu depan, menurut seorang pejabat pertahanan, yang memberikan informasi di bawah aturan dasar yang ditetapkan oleh Pentagon. Mereka adalah elemen yang tersisa dari brigade infanteri Divisi Lintas Udara ke-82.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1232 seconds (0.1#10.140)