4 Tokoh Arab Saudi Keturunan Indonesia, Terakhir Jadi Saksi Kemerdekaan RI

Selasa, 08 Februari 2022 - 19:26 WIB
loading...
A A A
Muhammad Saleh Benten yang bernama lengkap Muhammad Saleh bin Taher Benten ini merupakan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi pada Mei 2016.

4 Tokoh Arab Saudi Keturunan Indonesia, Terakhir Jadi Saksi Kemerdekaan RI


Sebelum menjabat sebagai Menteri Haji, ia pernah menjadi Direktur Utama Saudi Post. Ia mendapatkan keturunan Indonesia dari ayahnya yang memiliki ibu (nenek) yang berasal dari Banten, Jawa Barat.

Ia memperoleh gelar sarjana dan master di Universitas King Fahd bidang teknik elektro dan melanjutkan pendidikan S3 di luar negeri.

Pada maret 2021 lalu, Kerajaan Arab Saudi melakukan pemecatan kepada Muhammad Saleh Benten dari jabatan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi tanpa alasan yang jelas.

3. Syaikh Muhammad Yasin Al Fadani

Muhammad Yasin Al Fadani atau yang memiliki nama lengkap Muhammad Yasin Bin Muhammad Isa Al-Fadani lahir pada 17 Juni 1915 dan merupakan seorang ahli sanad hadits, ilmu falak, bahasa Arab, dan pendiri Madrasah Darul Ulum al-Diniyyah, Makkah.

4 Tokoh Arab Saudi Keturunan Indonesia, Terakhir Jadi Saksi Kemerdekaan RI


Ia mendapatkan garis keturunan Indonesia dari sang ayah Syekh Muhammad Isa Al-Fadani yang berasal dari Sumatra Barat.

Ia mempelajari Islam dari ayahnya dan melanjutkan pendidikan di Madrasah Al-Shaulatiyah. Saat dewasa ia menjadi pengajar Madrasah Darul Ulum dan setiap bulan Ramadhan membaca dan memberikan ijazah tentang Kutub al-Sittah kepada para muridnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0764 seconds (0.1#10.140)