4 Tokoh Arab Saudi Keturunan Indonesia, Terakhir Jadi Saksi Kemerdekaan RI

Selasa, 08 Februari 2022 - 19:26 WIB
loading...
4 Tokoh Arab Saudi Keturunan Indonesia, Terakhir Jadi Saksi Kemerdekaan RI
(Foto searah jarum jam) Syaikh Anis Thahir Al Andunisy, Muhammad Saleh Benten, Syaikh Muhammad Yasin Al Fadani, Syaikh Abdul Hamid Al Khatib. Foto/wikipedia
A A A
RIYADH - Orang-orang dari Jazirah Arab sudah masuk ke Indonesia berabad-abad tahun yang lalu dengan tujuan awal berdagang.

Kegiatan perdagangan itu semakin berkembang di Nusantara dan munculah berbagai pengaruh dalam bidang keagamaan, politik, bahasa, sosial, budaya, dan pendidikan.

Hingga pada abad ke-19 dan abad ke-2, banyak warga Indonesia menginjakkan kaki di Tanah Haram Makkah dan Madinah untuk menunaikan haji dan menuntut ilmu.

Sebagian dari mereka kemudian ada yang tidak kembali ke Tanah Air dan memutuskan menetap di Arab Saudi. Beberapa dari mereka ada yang menikahi pria atau wanita Saudi dan tinggal secara permanen di Arab Saudi dan anak keturunannya di Arab Saudi itu saat ini dikenal dengan nama keluarga yang menjadi asal-usul leluhur di Indonesia.

Contohnya ialah nama belakang orang Saudi seperti Minangkabawi dari Padang, Al-Palimbang dari Palembang. Berikut beberapa tokoh Arab Saudi keturunan Indonesia.

1. Syaikh Anis Thahir Al Andunisy

Syaikh Anis Thahir Al Andunisy merupakan guru besar Ilmu Hadis di Universitas Islam Madinah sebagai pengajar tetap di Halaqah Masjid Nabawi.

4 Tokoh Arab Saudi Keturunan Indonesia, Terakhir Jadi Saksi Kemerdekaan RI


Ia merupakan seorang akademisi yang memiliki jabatan penting di Madinah. Ia mendapatkan garis keturunan Indonesia dari kedua orang tuanya yaitu ayah berasal dari Lampung dan ibu berasal dari Semarang.

2. Muhammad Saleh Benten
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1553 seconds (0.1#10.140)