Pasukan AS Tiba di Polandia, Rusia Kirim Pesawat Pengebom ke Belarus

Minggu, 06 Februari 2022 - 14:17 WIB
loading...
Pasukan AS Tiba di Polandia, Rusia Kirim Pesawat Pengebom ke Belarus
Pesawat pembom Rusia Tu-22M3. Foto/YouTube
A A A
WASHINGTON - Rusia mengirim dua pesawat pembom jarak jauh berkemampuan nuklir untuk berpatroli di Belarusia barat, sekutuMoskow dan tetangga Ukraina di utara, ketika pasukan Amerika Serikat (AS) pertama tiba di Polandia .

Pembom Tu-22M3 Rusia didampingi oleh jet tempur Su-30SM dari angkatan udara Rusia serta Belarusia berlatih selama empat jam dalam misi ketiga dari jenisnya pada bulan lalu.

Belarusia telah tumbuh semakin dekat dengan Rusia sejak Barat memberlakukan sanksi terhadap negara itu setelah pemilihan umum 2020, yang secara luas dianggap curang, dan tindakan keras terhadap pengunjuk rasa damai.

Pada hari Sabtu, Presiden Belarus Alexander Lukashenko memuji aliansi keamanan yang dipimpin Rusia, dengan mengatakan aliansi itu menunjukkan kemampuannya menyebar dengan cepat ketika mengirim pasukan ke Kazakhstan bulan lalu untuk menghentikan protes harga bahan bakar yang berubah menjadi kekerasan.



"Sementara mereka (NATO) masih bersiap-siap untuk mengirim beberapa pasukan ke sini, kami sudah berdiri di Selat Inggris, dan mereka mengetahuinya," katanya merujuk pada sekutu Barat, dalam sebuah wawancara di TV pemerintah Rusia seperti dikutip dari VOA, Minggu (6/2/2022).

Lukashenko, bagaimanapun, menganggap remeh ancaman perang di Ukraina.

"Tidak ada seorang pun di sana untuk melawan kita," ujarnya.

Pasukan AS tiba di pangkalan militer Rzeszow di tenggara Polandia, dekat perbatasannya dengan Ukraina, setelah Presiden AS Joe Biden pada Rabu memerintahkan pengerahan 1.700 tentara di sana. Sekitar 4.000 tentara AS telah ditempatkan di Polandia secara bergilir sejak 2017.

"Seperti yang diumumkan, elemen pertama dari kelompok pertempuran brigade dari Divisi Lintas Udara ke-82 Angkatan Darat Amerika Serikat telah tiba di Polandia," kata seorang juru bicara militer Polandia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1973 seconds (0.1#10.140)