Ukraina: Merebut Kembali Krimea dengan Paksa itu Mustahil

Minggu, 06 Februari 2022 - 05:01 WIB
loading...
A A A
Krimea berada di bawah kendali Moskow pada 2014, ketika semenanjung itu dikuasai kembali Rusia, setelah referendum.

Pemungutan suara berlangsung sebulan setelah peristiwa Maidan, ketika protes jalanan yang penuh kekerasan menggulingkan pemerintah Kiev yang terpilih secara demokratis.

Ukraina, serta sebagian besar dunia, menganggap referendum itu tidak sah dan memandang Krimea sebagai diduduki secara ilegal oleh Moskow.

Pejabat keamanan nasional juga berbicara tentang wilayah negara yang saat ini berada di bawah kendali separatis di Ukraina timur.

Menurut Danilov, merebut daerah-daerah ini juga tidak mungkin dilakukan dengan cara militer, karena akan memakan banyak korban.

Berbicara tahun lalu, juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan Rusia akan bekerja “untuk membantu Ukraina memecahkan masalah Donbass, tetapi Krimea keluar dari diskusi.”

Pada Januari, kepala Angkatan Laut Jerman, Wakil Laksamana Kay-Achim Schonbach, dipaksa mengundurkan diri setelah mengklaim Krimea “tidak akan pernah kembali” dan Presiden Rusia Vladimir Putin dan Rusia “mungkin pantas dihormati.”

Dia mengosongkan jabatannya setelah menteri luar negeri Ukraina memanggil duta besar Jerman untuk mengeluh tentang "tidak dapat diterimanya" komentar Schonbach.

(sya)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1451 seconds (0.1#10.140)