Penduduk Desa Myanmar Menuduh Pasukan Junta Membakar Ratusan Rumah

Sabtu, 05 Februari 2022 - 20:30 WIB
loading...
Penduduk Desa Myanmar Menuduh Pasukan Junta Membakar Ratusan Rumah
Penduduk desa Myanmar menuduh pasukan junta membakar ratusan rumah. FOTO/Reuters
A A A
BANGKOK - Penduduk desa Myanmar dan pejuang anti-kudeta menuduh pasukan junta membakar ratusan rumah di barat laut negara itu, ketika junta berusaha menghancurkan perlawanan terhadap kekuasaannya.

Protes massal terhadap kudeta tahun lalu telah dibalas dengan tindakan keras militer yang brutal, dan kekerasan telah berkobar di seluruh Myanmar ketika warga sipil membentuk "pasukan pertahanan rakyat" (PDF) untuk menentang junta.



Seorang wanita dari desa Bin di wilayah Sagaing, yang telah menyaksikan bentrokan baru-baru ini, mengatakan, pasukan junta telah datang ke wilayah itu di akhir Januari lalu.

"Mereka menembakkan artileri dan menembakkan senjata sebelum masuk," katanya pada Jumat (4/2/2022). Ia menambahkan bahwa suara itu telah membuat penduduk desa melarikan diri.

“Pasukan kemudian membakar sekitar 200 rumah, termasuk rumahnya sendiri,” kata penduduk yang minta namanya dirahasiakan. "Kami tidak bisa membawa apa-apa. Kami hanya membawa beberapa pakaian hangat, lalu kami kabur begitu saja," lanjutnya pada AFP, Sabtu (5/2/2022), seperti dikutip dari Channel News Asia.



Pasukan juga membakar rumah-rumah di dekat desa Inn Ma The, setelah milisi pro-junta lokal diserang oleh pejuang anti-kudeta yang kemudian melarikan diri, menurut salah satu pemberontak.

"Ketika PDF meninggalkan desa, tentara membakarnya," kata pejuang itu, seraya menambahkan bahwa 600 rumah telah dibakar.

Media lokal juga melaporkan bahwa ratusan rumah telah diratakan di dua desa, dan gambar yang diperoleh AFP yang mengaku sebagai desa Bin menunjukkan sisa-sisa puluhan bangunan yang terbakar. AFP tidak dapat secara independen memverifikasi laporan dari daerah terpencil itu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1212 seconds (0.1#10.140)