Agen perbatasan AS tewas, 2 pria ditahan

Jum'at, 05 Oktober 2012 - 22:17 WIB
Agen perbatasan AS tewas, 2 pria ditahan
Agen perbatasan AS tewas, 2 pria ditahan
A A A
Sindonews.com – Dua pria Meksiko yang diduga terkait kasus tewasnya seorang agen perbatasan AS, ditahan aparat keamanan Meksiko, di Sonora, Barat Laut Meksiko, Jumat (5/10/2012). Seperti dikutip dari bbc.co.uk, saat ini aparat masih mencari bukti-bukti terkait kasus penembakan itu. Belum bisa dipastikan, apakah kedua pria yang ditahan memiliki kaitan erat dengan kasus ini.

Korban tewas, Nicholas Ivie (30) adalah penjaga perbatasan pertama yang tewas sejak 2010. Ivie yang bergabung dengan patroli perbatasan AS meninggalkan satu orang istri dan dua anak yang masih kecil. Dalam waktu dekat, Menteri Keamanan Dalam Negeri AS, Janet Napolitano dan pejabat federal lainnya akan bertemu dengan keluarga Ivie untuk menyampaikan ucapan belasungkawa.

Persitiwa ini terjadi di dekat perbatasan AS-Meksiko di Arizona. Daerah ini dikenal sebagai kawasan yang rawan penyelundupan obat bius. Menurut pihak berwenang, Ivie dan seorang rekannya merespon sinyal sensor yang dipasang di daerah perbatasan. Sinyal tersebut mengindikasikan adanya penerobos yang masuk ke dalam wilayah AS.

Dengan berjalan kaki, Ivie dan rekannya menelusuri jejak si penerobos. Tak lama kemudian, dua penjaga perbatasan ini terlibat baku tembak dengan orang tak dikenal. Menurut Kepala Penjaga Perbatasan AS, George McCubbin, kemungkinan besar pelaku penembakan Ivie sudah melarikan diri ke Meksiko.

“Kemungkinan besar orang-orang bersenjata itu sudah menyeberangi perbatasan ke Meksiko sebelum jalan keluar bisa kami tutup. Saya tak yakin mereka masih bersembunyi di daerah perbatasan,” ujar McCubbin.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3560 seconds (0.1#10.140)