Gembong mafia Kolombia serahkan diri

Jum'at, 05 Oktober 2012 - 18:15 WIB
Gembong mafia Kolombia serahkan diri
Gembong mafia Kolombia serahkan diri
A A A
Sindonews.com – Gembong mafia Kolombia, Luis Enrique Calle alias Comba, menyerahkan dirinya pada aparat pemberantas narkoba AS, Drug Enforcement Agency (DEA), di Panama. Seperti dikutip dari iol.co.za, Comba yang juga pimpinan kartel narkoba Los Rastrojos tak punya pilihan selain menyerahkan diri.

“Para penjahat tak punya pilihan lain. Tekanan dari pasukan keamanan membuat mereka tidak memiliki ruang gerak. Itulah sebabnya, mereka akhirnya menyerahkan diri,” ujar Menteri Pertahanan Kolombia, Juan Carlos Pinzon dalam konferensi pers di Bogota, Jumat (5/10/2012).

Selama ini, Comba dianggap sebagai salah satu pimpinan kartel narkoba paling berbahaya di Kolombia. Di tangannya, Los Rastrojos menjelma jadi sebuah jaringan kriminal yang mengontrol beberapa rute penyelundupan dan mengirimkan berton-ton kokain ke AS setiap tahunnya. Sebelumnya, pemerintah AS sempat menawarkan hadiah USD 2,7 juta bagi siapapun yang bisa menangkap Comba.

Comba tak sendirian mengelola kartel Los Rastrojos, ia dibantu dua saudaranya, Javier Antonio dan Juan Carlos. Sama seperti Comba, dua saudaranya juga sudah berada di balik jeruji besi. Antonio menyerahkan diri ke DEA pada Mei lalu, sedangkan Carlos ditangkap pada Maret silam.

Pejabat tinggi polisi Kolombia mengatakan, para pengedar narkoba di beberapa negara Amerika Selatan, seperti Kolombia, Peru, Bolivia, dan Ekuador sedang melakukan pembicaraan untuk menyerahkan diri ke DEA.

Ada alasan kuat mengapa para pengedar ini mau menyerahkan diri ke aparat pemberantas narkoba AS. DEA menawarkan hukuman penjara lebih ringan di AS jika para Bandar narkoba itu mau memberikan informasi tentang gembong narkoba lain dan rute penyelundupan mereka.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4800 seconds (0.1#10.140)