Pasukan Ukraina Gelar Latihan Perang Kota di Dekat Chernobyl

Sabtu, 05 Februari 2022 - 06:31 WIB
loading...
A A A
Kiev mengerahkan beberapa ribu tentara ke daerah itu mulai November, ketika Barat mulai meningkatkan kekhawatiran dugaan rencana invasi Rusia setelah pasukan Rusia dikerahkan di dekat perbatasan Ukraina.

Jika serangan datang dari Belarusia, Zona Pengecualian menawarkan salah satu cara tercepat ke ibu kota Kiev.

Moskow telah membantah rencana invasi, dan pasukan yang dikerahkan ke Belarusia dijadwalkan untuk latihan militer gabungan akhir bulan ini.

Memang, Kiev juga berusaha mengecilkan ketakutan Barat, dengan mengatakan pasukan Rusia di dekat perbatasan tidak cukup banyak untuk membentuk kekuatan invasi, dan pengerahan semacam itu legal dan tipikal.

Sebagai cara meredakan krisis, Moskow telah membuat proposal keamanan yang akan melindungi sayap baratnya, meminta NATO tidak memperluas lebih jauh ke timur, termasuk menolak mengakui Ukraina sebagai anggota aliansi di masa depan.

Moskow juga menuntut agar tidak ada pasukan ofensif yang ditempatkan oleh NATO di Ukraina.

Sejauh ini, aliansi telah menolak menghapus kemungkinan mengakui Ukraina, tetapi telah membuat beberapa konsesi tentang penempatan senjata ofensif di Ukraina atau senjata tertentu lainnya di negara bagian terdekat.

Namun, AS telah menuntut Rusia menarik pasukannya kembali dari dekat perbatasan Ukraina, menempatkan seluruh kesalahan atas krisis di pundak Rusia.

(sya)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1305 seconds (0.1#10.140)